Berkas Perkara Mantan Penyidik ​​KPK dari Polri Selesai

    Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyelesaikan berkas penyidikan terhadap tersangka, mantan penyidik ​​KPK dari Polri, Stepanus Robin Pattuju (SRP) dan advokat Maskur Husain (MH).

    Robin dan Maskur akan segera diadili atas kasus dugaan suap terkait penghentian kasus Wali Kota Tanjungbalai tahun 2020-2021 dalam waktu dekat.

    Setelah dinyatakan lengkap, berkas penyidikan Robin dan Maskur dilimpahkan ke tahap II atau penuntutan, hari ini, Kamis (19/8/2021).

    Rencananya, sidang perdana Robin dan Maskur akan digelar di Pengadilan Tipikor di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

    “Setelah memeriksa kelengkapan berkas perkara tersangka SRP dkk, hari ini (19/8/2021) tim penyidik ​​melakukan tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti) kepada tim kejaksaan,” kata Pj Juru Bicara KPK Ali Fikri. dalam keterangannya, Kamis (Kamis). 19/8/2021).

    Ali mengatakan penahanan para tersangka itu kemudian menjadi kewenangan tim penuntut umum (JPU) selama 20 hari ke depan, mulai 19 Agustus 2021 hingga 7 September 2021.

    “SRP ditahan di Rutan KPK di Gedung Merah Putih, MH ditahan di Rutan KPK Pomdam Jaya Guntur,” katanya.

    Ia menambahkan, tim kejaksaan dalam waktu 14 hari kerja akan segera menyusun surat dakwaan dan menyerahkan berkas perkara ke Pengadilan Tipikor.

    “Dalam proses penyidikan, 95 saksi sudah diperiksa,” kata Ali.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/08/19/berkas-perkara-eks-penyidik-kpk-asal-polri-dinyatakan-lengkap