BI Beijing Inisiasi Pembentukan Masyarakat Ekonomi Syariah

    IHRAM.CO.ID, BEIJING — Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Beijing Arief Hartawan memprakarsai pembentukan Masyarakat Ekonomi Islam (MES) di China.

    “Mengingat China merupakan produsen pakaian muslim terbesar di dunia, maka kami menggagas berdirinya MES,” ujarnya di Beijing, Rabu (29/9).

    Banyak busana muslim buatan China, jelasnya, yang diekspor ke Indonesia. “Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan pasar fashion muslim yang sangat besar,” kata Arief.

    Selain busana muslim, beberapa produk halal asal China seperti bahan kosmetik juga diekspor ke Indonesia. “Mekanismenya sudah kami siapkan,” katanya.

    MES adalah organisasi nirlaba yang memiliki tujuan untuk mengembangkan dan mempercepat penerapan sistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Di situs resminya, MES merupakan forum inklusif dalam menghimpun semua sumber daya yang ada dan membangun sinergi antar pemangku kepentingan.

    Dalam tiga tahun keberadaannya di Beijing, BI telah berhasil mencapai kesepakatan dengan bank sentral China (PBOC) dalam penyelesaian transaksi bilateral (LCS) menggunakan rupiah dan yuan. Berdasarkan perjanjian LCS, transaksi keuangan untuk berbagai keperluan antara Indonesia dan China tidak lagi menggunakan dolar AS.



    https://www.ihram.co.id/berita/r070ef335/bi-beijing-gagas-pendirian-masyarakat-ekonomi-syariah