Biaya Tes PCR di Bandara Kualanamu Turun Menjadi Rp 525 ribu

    Tarif baru tes PCR di Bandara Kualanamu berlaku mulai 19 Agustus 2021

    REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN- Biaya tes swab COVID-19 berdasarkan reaksi berantai polimerase(PCR) PT Sumatra Siberia Kompaniya (SSK) yang berada di area parkir A Airport Health Center Kualanamu International Airport, Deli Serdang, turun menjadi Rp 525 ribu.

    “Tingkat tes PCR baru ini berlaku mulai 19 Agustus 2021 dengan hasil 1 x 24 jam,” ujarnya Kepala Pemasaran & Perusahaan PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Kualanamu, B Dianto Malau, Kamis (19/8).

    Dikatakannya, penurunan tarif tes PCR ini sudah sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan. PT Angkasa Pura Aviasi merupakan anak usaha PT Angkasa Pura II (Persero) yang berlokasi di Bandara Internasional Kualanamu berkoordinasi dengan PT SSK, penyelenggara fasilitas kesehatan pengelola Puskesmas Bandara, untuk menurunkan tarif RT-PCR menjadi Rp525 ribu. sesuai dengan ketentuan SE dari Kementerian Kesehatan.

    “Selama ini Pusat Kesehatan Bandara dioperasikan sebagai fasilitas untuk mendukung pengguna jasa bandara agar dapat memenuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

    Malau mengatakan perjalanan di masa pandemi ini hanya untuk keperluan yang mendesak, dan juga menghimbau kepada calon pengguna jasa bandara untuk dapat melakukan tes Covid-19 di fasilitas kesehatan lain di luar bandara. Dan setibanya di Bandara Kualanamu, Anda bisa langsung memproses keberangkatan.

    Pusat Kesehatan Bandara di Bandara Kualanamu yang dikelola oleh PT SSK buka mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB (untuk hasil PCR di hari yang sama). 18.00 WIB hingga 21.00 WIB (untuk hasil PCR keesokan harinya).

    Sedangkan untuk layanan antigen rapid test di Puskesmas Bandara, tarif diturunkan menjadi Rp. 125.000. “Pengguna jasa bandara harus menunjukkan kartu vaksinasi dan surat keterangan tes Covid-19 sebagaimana dipersyaratkan untuk dapat melakukan perjalanan di masa pandemi ini,” ujarnya.

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qy3ydp320/biaya-tes-pcr-di-bandara-kualanamu-turun-jadi-rp525-ribu