Bijaksana untuk makan sebanyak yang Anda bisa di restoran AYCE

Sesuaikan porsi makan agar tidak berlebihan tapi tetap nikmati AYCE.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Buka puasa bersama menjadi salah satu kegiatan wajib bersama keluarga dan kerabat. Selain sebagai momen untuk mempererat silaturahmi, keseruan buka puasa bersama terletak pada restoran dan pilihan makanannya.

Salah satu resto yang selalu laris dan ramai antrean pengunjung adalah resto dengan konsep All You Can Eat (AYCE). Dengan berbagai jenis makanan, minuman, dan penyegar yang bisa dinikmati sepuasnya, restoran AYCE menjadi pilihan yang menggiurkan untuk buka puasa.

Namun, dalam beberapa pekan terakhir media sosial diramaikan dengan mengunggah video viral soal buka puasa di restoran AYCE. Akibat terlalu banyak mengambil makanan, beberapa orang terlihat membawa pulang makanan atau bahkan membuangnya tanpa sepengetahuan pihak restoran. Hal ini tentunya kurang baik karena mencerminkan perilaku tidak jujur ​​yang sangat tidak dianjurkan terutama di bulan Ramadhan.

Melihat fenomena tersebut, Boga Group yang menaungi beberapa restoran dengan konsep AYCE seperti Shaburi, Kintan Buffet dan Onokabe ingin mengajak masyarakat untuk lebih bijak menikmati makanan dengan konsep unlimited ini. Presiden Direktur Boga Group Kusnadi Rahardja mengatakan konsep resto AYCE yang dihadirkan berangkat dari komitmen kami untuk memenuhi keinginan konsumen.

Berikut lima hal yang bisa diterapkan untuk bijak menikmati makan sepuasnya di restoran AYCE.

Pergi ke sekitar etalase dan lihat semua opsi menu
Sesampainya di restoran, hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mulai mengambil makanan adalah berkeliling ke seluruh jendela restoran. Ini dimaksudkan untuk terlebih dahulu melihat variasi menu yang tersedia sebelum memutuskan apa yang akan diambil. Meski harus menunda 5-10 menit untuk makan, hal ini akan membantu proses pemilihan makanan sekaligus pencatatan catatan makanan yang akan diambil nantinya.

Sesuaikan porsi makanan
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa piring yang disediakan di etalase tidak besar? Jawabannya, mengontrol porsi yang diambil. Piring yang besar akan merangsang alam bawah sadar untuk mengambil porsi besar agar piring tersebut penuh. Ini sebaiknya dihindari.

Mulailah dengan porsi kecil agar Anda bisa menikmati berbagai varian makanan yang ditawarkan. Setelah mencicipi semua variannya, Anda bisa mengambil porsi tambahan sesuai yang Anda suka. Jadi, tidak ada sisa makanan.

Sesuaikan keseimbangan jenis makanan
Hal lain yang bisa dilakukan untuk lebih bijak menikmati makanan AYCE adalah dengan mengonsumsi jenis makanan yang seimbang. Jika fokus makanan terletak pada protein seperti daging, sebaiknya tidak terlalu banyak karbohidrat seperti nasi atau kentang. Atur juga urutan jenis makanannya agar tidak tumpang tindih, seperti dimulai dengan jajan, dilanjutkan dengan makanan berat dan ditutup dengan penyegaran.

Pilih jenis minuman dan penyegar ringan
Selain makanan, perhatikan minuman dan penyegar yang Anda konsumsi. Memang minuman dan penyegar cenderung manis sehingga terlihat sangat nikmat dan menggiurkan. Namun hal ini juga akan membuat perut lebih cepat kenyang. Jika jenis minuman dan penyegar tidak diatur dengan baik, Anda akan merasa kenyang di tengah jalan, meski makanan belum sepenuhnya habis.

Tanamkan pola pikir yang benar dalam diri Anda
Poin terakhir dan terpenting, tetapkan pola pikir yang benar di kepala Anda sebelum memasuki restoran AYCE. Justru pola pikir yang diambil adalah niat berbuka puasa dengan menikmati berbagai hidangan yang ada. Ini tentu saja berbeda dengan niat makan banyak dan kenyang dalam satu jam misalnya. Dengan pola pikir yang benar, Anda akan lebih bijak dalam menikmati makanan yang Anda konsumsi.




Source