Bisakah Biji Chia Benar-benar Membantu Anda Menurunkan Berat Badan?

    Anda tidak boleh makan terlalu banyak biji chia.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Biji chia merupakan sumber serat, protein, rendah karbohidrat, dan rendah kalori. Dari kandungannya, banyak orang yang mengkonsumsinya dengan harapan bisa menurunkan berat badan. Namun, tidak baik jika biji chia dikonsumsi terlalu sering.

    Biji chia dianggap sebagai makanan super. “Mereka memiliki beberapa vitamin dan mineral yang hebat seperti fosfor, magnesium, zat besi dan seng. Sejujurnya, tidak terlalu banyak orang yang mengalami kekurangan itu,” kata ahli gizi Beth Czerwony. Klinik Kesehatan Cleveland, Kamis (30/9).

    Dia mengatakan biji chia dapat menyerap sebanyak 12 kali beratnya. Saat basah, mereka membengkak dalam ukuran dan memiliki tekstur agar-agar yang merupakan cara sopan untuk mengatakan bahwa mereka menjadi sangat berlendir. Gagasan di balik minum air biji chia adalah bahwa biji basah akan tumbuh di perut Anda dan mengambil tempat, mencegah Anda merasa lapar.

    “Itu mungkin, pada gilirannya, menyebabkan Anda kurang lapar dan pada akhirnya membantu Anda menurunkan berat badan,” katanya.

    Dia mengatakan, ketika dikonsumsi, biji chia bercampur dengan air dan jus lambung Anda. Mereka berkembang di perut Anda. “Ini membuat Anda kenyang lebih lama karena memakan ruang dan semua serat larut itu memperlambat pencernaan,” kata Czerwony.

    Dia memperingatkan Anda untuk tidak mengonsumsi biji chia secara berlebihan. Meskipun tidak apa-apa untuk melakukannya sesekali, seperti menangkis keinginan camilan di malam hari, itu tidak boleh dilihat sebagai metode utama untuk menurunkan berat badan.

    Sebagai permulaan, mengkonsumsi biji chia bukanlah alternatif untuk diet sehat hanya trik praktis untuk digunakan sesekali. Jika Anda menelan banyak serat, pastikan Anda juga menelan banyak air atau Anda mungkin mengalami beberapa masalah pencernaan yang tidak menyenangkan, termasuk sembelit, kembung, dan gas.

    “Terlalu banyak bukan hal yang baik. Jika Anda makan banyak serat dan tidak minum cukup cairan pada saat yang sama, biji chia akan mulai menyerap cairan di usus Anda dan menyebabkan Anda memiliki tinja yang keras,” katanya. mengatakan.

    Dia merekomendasikan untuk memasukkan satu atau dua sendok makan biji chia ke dalam segelas air delapan hingga 10 ons. Jika Anda belum pernah memakan bijinya sebelumnya, Anda mungkin ingin memulai dengan jumlah yang lebih kecil untuk melihat bagaimana tubuh Anda mentolerirnya.

    “Anda harus meminumnya cukup cepat untuk menurunkannya sebelum mulai mengeras,” katanya.



    https://www.republika.co.id/berita/r08dbv425/benarkah-biji-chia-bisa-bantu-turunkan-berat-badan