Bisakah Patrick Vieira Menang bersama Crystal Palace?

Vieira memiliki sedikit pengalaman manajerial sebagai pelatih Nice dan NYC.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Patrick Vieira dipecat beberapa jam setelah Nice dikalahkan Bayer Leverkusen di Liga Europa. Itu adalah kekalahan kelima beruntun Nice pada Desember 2020.

Pada tahun 2017, Crystal Palace mengganti salah satu pelatih paling berpengalaman dalam sejarah Liga Premier dengan seseorang yang belum pernah menjadi pelatih di Inggris sebelumnya. Frank de Boer menggantikan Sam Allardyce yang dipecat setelah lima pertandingan.

Pada tahun 2021, Crystal Palace telah menggantikan salah satu pelatih paling berpengalaman dalam sejarah Liga Premier, Roy Hodgson, dengan seseorang yang belum pernah sukses sebagai pelatih di Inggris sebelumnya. Jadi, apakah Patrick Vieira akan lebih baik dari De Boer setelah menggantikan Roy Hodgson yang berusia 73 tahun?

Vieira, 45, telah melatih dua klub hingga saat ini, New York City (NYC) di Amerika Serikat (AS) dan Nice di Ligue 1. Prancis Pada satu tahap, mantan gelandang Arsenal yang legendaris itu tampak seolah-olah sedang dipersiapkan untuk menjadi pelatih Manchester City berikutnya. Sebaliknya, peluangnya di Liga Premier datang di Selhurst Park.

Dilaporkan dari Olahraga BBC, Senin (5/7), Vieira memiliki sedikit pengalaman manajerial dalam dua pekerjaan itu, 90 pertandingan dengan New York City dan 89 dengan Nice. Dia meninggalkan NYC karena pilihannya untuk pekerjaan Nice tetapi dipecat oleh klub Prancis pada bulan Desember dan tidak bekerja sebagai pelatih sejak itu. Dia saat ini menjadi pakar ITV di Euro 2020.

Orang Prancis itu belum memenangkan trofi, tetapi itu bukan prasyarat untuk bekerja di Crystal Palace, yang belum pernah memenangkan trofi utama di sepakbola Inggris saat ini dalam 116 tahun sejarah klub.

Vieira mengakhiri karir bermainnya di Manchester City pada tahun 2011. Dia memulai karir kepelatihannya di sana, pertama dalam peran pengembangan pemuda dan kemudian sebagai pelatih tim cadangan City.



https://www.republika.co.id/berita/qvqw4j438/mampukah-patrick-vieira-berjaya-bersama-crystal-palace