BKPSDM: 400 ASN Pemkot Bandung Positif Covid-19

Mayoritas ASN yang positif Covid-19 melakukan isolasi mandiri.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Badan Pengembangan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bandung mengungkapkan, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah dari 300 menjadi 400 orang. Mayoritas saat ini dalam isolasi mandiri.

“Tadi pagi saya tanya ke teman di seksi yang mengurusi data ASN. Sampai pagi ini datanya bertambah menjadi sekitar 400,” kata Kepala BKPSDM Kota Bandung, Adi Junjunan Mustafa saat acara Bandung Answer, Selasa (29). /6).

Sementara itu, kata dia, data untuk non-ASN yang terpapar Covid-19 masih dalam pendataan. ASN yang terpapar Covid-19 sebagian besar bertugas di Dinas Kesehatan (Dinkes), Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Kota Bandung serta Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut.

“Ada banyak perangkat daerah yang bersentuhan langsung dengan penanganan Covid-19, sebagian lagi merata di Balai Kota,” ujarnya.

Adi mengatakan jumlah ASN di Badan Litbang, Sekretariat Daerah, dan BKPSDM mencapai 70 orang. Oleh karena itu, pimpinan memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan di Balai Kota Bandung dan kantor-kantor dinas dan mengalihkannya ke work from home (wfh).

Ia mengaku belum mencatat secara rinci berapa banyak ASN yang menjalani isolasi mandiri atau dirawat di rumah sakit. Namun, terlihat mayoritas dari mereka menjalani isolasi mandiri.

“Dari data rinci berapa yang ada di rumah sakit dan isolasi mandiri, datanya belum terdata sore ini. Beberapa orang yang saya kenal banyak yang melakukan isolasi mandiri,” katanya. Ia juga mengungkapkan, pihaknya akan mengumpulkan data lebih detail terkait ASN terpapar Covid-19 dan tracking yang dilakukan.



https://www.republika.co.id/berita/qvgck3396/bkpsdm-400-asn-pemkot-bandung-positif-covid19