BMH Bangun Waduk Air Bersih di Gunungkidul

    Hal ini untuk membantu daerah-daerah yang menjadi langganan kekeringan.

    REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Lembaga Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Yogyakarta membantu warga yang terdampak kekeringan di Gunungkidul, Yogyakarta. Bantuan tersebut berupa pembuatan tempat penampungan air bersih, salah satunya di Masjid Nurul Iman yang terletak di Dusun Sambi Lor, Botodayakan, Rongkop Gunungkidul, Rabu (29/9).

    Haris Munandar selaku Tim Program BMH Yogyakarta mengatakan, kawasan Gunungkidul pada umumnya menjadi daerah yang sering dilanda kekeringan saat musim kemarau tiba. Apalagi di daerah-daerah yang tidak bisa dilalui PDAM, masyarakat semakin sulit mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

    “Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Gunungkidul terkenal dengan daerahnya yang tandus, gersang, berbukit dan masyarakat sulit mendapatkan air bersih ketika musim kemarau telah tiba. Dan dalam rangka membantu masyarakat, kami membuat penampung air bersih, fungsinya untuk menampung air hujan lebih banyak sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga,” ujar Haris seperti yang disampaikan Haris Munandar dalam rilis yang diterima. Republika.co.id.

    Lebih lanjut dia menambahkan, dalam pembangunan waduk air bersih tersebut, BMH menyasar fasilitas umum atau tempat ibadah yang bisa dimanfaatkan warga sekitar.

    “Program ini berjalan atas kerjasama kami dengan Kitabisa.com. Dan dalam pendistribusian kami, kami menyasar masjid dan fasilitas umum yang memang sangat membutuhkan fasilitas air bersih, bukan rumah warga, sehingga banyak orang yang bisa merasakan manfaatnya,” imbuhnya.

    Suratin, salah satu takmir Masjid Nurul Iman, mengucapkan terima kasih kepada BMH yang telah membangun penampungan air untuk masjid-masjid di wilayahnya.

    “Alhamdulillah dengan adanya bak ini insya Allah bisa menampung air hujan untuk kebutuhan warga dalam beribadah di masjid-masjid seperti wudhu. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada tim BMH yang telah membantu kami mewujudkan program ini,” ujar Suratin. .



    https://www.republika.co.id/berita/r06yi1374/bmh-bangun-bak-penampungan-air-bersih-di-gunungkidul