‘Bocoran’ Delapan Pos Pemblokiran Larangan Mudik di Gerbang Jakarta, Polisi: Masih Bisa Meningkat

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Polisi sudah memastikan akan memblokir setiap warga yang akan mudik di musim Lebaran 2021.

    Pemerintah sendiri melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi melarang mudik Lebaran tahun ini.

    Semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta api akan dibatasi selama 6-17 Mei 2021.

    Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13/2021 tentang Pengendalian Transportasi Saat Idul Fitri 1442 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

    Untuk itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema isolasi di sejumlah ruas jalan agar masyarakat tidak mudik ke kampung halamannya saat pandemi Covid-19.

    Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya akan mengisolasi pemudik di delapan titik atau posko yang disiapkan sementara, terkait larangan mudik.

    “Kami berencana mengisolasi dan memeriksa kendaraan penumpang, termasuk mobil, bus, dan sepeda motor yang akan berangkat dari Jakarta pada tanggal tersebut,” kata Sambodo, Jumat (9/4/2021).

    Menurut dia, delapan posko isolasi tersebut bisa saja bertambah mengingat situasi di lapangan.

    “Kami masih mensurvei lokasi lain yang mungkin menjadi bagian dari titik penyekat. Sedangkan titik penyekatnya ada delapan. Tapi nanti akan kami survei lagi,” ujarnya.

    Dia mengatakan, delapan titik isolasi tersebut saat ini adalah 2 pos di ruas tol, 3 pos di jalur arteri, dan 3 pos di terminal. “Ini masih disurvei lagi, bisa meningkat,” ucapnya.




    Source