Bos Pelindo II Soal Uang Tip di Pelabuhan: Kalau ada yang kurang pas di lapangan, laporkan saja.

Wartawan Tribunnews, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC tegas mewujudkan pelabuhan yang bersih.

Tidak hanya untuk memberantas dan membuat lingkungan pelabuhan bebas dari praktik pungutan liar (pungutan liar) tetapi juga untuk menjamin kelancaran dan keamanan kegiatan operasional di Pelabuhan Tanjung Priok.

Direktur Utama IPC, Arif Suhartono mengatakan, dalam praktik di lapangan, manajemen IPC telah menugaskan seluruh personel IPC untuk memastikan hal itu tanpa memberikan tip atau uang.

Proses keluar masuk barang di terminal tetap dilayani sesuai jadwal dan sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) dan Service Level Guarantee (SLG).

Baca juga: Pemerasan di Tanjung Priok Melibatkan 12 Orang Sejak 2017, IPC: Ada Tindakan Tegas

“Pelayanan operasional di pelabuhan telah menggunakan sistem pembayaran non tunai dan seluruh kegiatan operasional pelabuhan dilakukan sesuai dengan SLA dan SLG yang telah ditetapkan,” kata Arif dalam keterangannya, Rabu (23/6/2021).

“Jika ada hal-hal yang kurang tepat dalam pelaksanaannya, silakan laporkan kepada kami,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Grup IPC dan mitra bisnis pelabuhan hari ini (23/6) menandatangani Deklarasi Bersama untuk mewujudkan hybrid clean port secara serentak di 12 cabang pelabuhan yang dikelola IPC.

Penandatanganan ini merupakan wujud nyata sinergi dalam mewujudkan Pelabuhan Bersih.

Dalam kesempatan yang sama, IPC juga bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan sosialisasi terkait Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dan Retribusi Ilegal yang disampaikan oleh Plt. Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik Syarief Hidayat.

“Deklarasi Bersama ini menunjukkan bahwa baik Grup IPC maupun mitra bisnis dan pemangku kepentingan pelabuhan terkait memiliki tujuan yang sama, yaitu pemahaman bahwa praktik pungli dan gratifikasi di lingkungan pelabuhan harus diberantas,” kata Arif Suhartono.



https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/06/24/bos-pelindo-ii-soal-uang-tip-di-pelabuhan-jika-ada-yang-kurang-tepat-dalam-praktiksilahkan-lapor