Botol-botol bir dilempar ke jendela masjid-masjid di Belanda

    Jendela Masjid Hagia Sophia di Belanda dilempar botol bir oleh pelaku tak dikenal.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Masjid Hagia Sophia di Amsterdam, Belanda kembali menjadi sasaran serangan Islamofobia pada Minggu (5/7) malam. Jendela masjid dihancurkan dengan botol bir.

    Tahun lalu, Masjid Hagia Sophia juga mengalami serangan serupa. Seorang pria bersenjata bertopeng melemparkan batu ke jendela masjid tak lama setelah shalat Isya.

    “Kami berharap pihak berwenang dan politisi mengambil tindakan pencegahan terhadap serangan semacam itu,” Gazi Cırık, ketua dewan Yayasan Masjid Hagia Sophia, mengatakan kepada Agensi Anadolu (AA), Selasa (6/7).

    Cirik mengaku telah memberikan berbagai informasi dan bukti yang dibutuhkan kepada polisi. Menurut Cirik, serangan tersebut membuat masyarakat Muslim khawatir serangan serupa akan terulang kembali.

    Ia berharap pihak berwajib dapat mengambil langkah preventif dan menangkap pelakunya agar umat Islam merasa aman dan nyaman dalam beribadah.

    Sebelumnya, sejumlah masjid di Belanda menjadi sasaran serangan Islamofobia. Bentuk serangannya bermacam-macam, seperti penggunaan bom molotov dan bahan peledak lainnya. Dalam kasus lain, ada pelaku yang mencoret tembok masjid dengan simbol teror atau rasisme.

    Sejak itu, komunitas Muslim menuntut pemerintah melindungi komunitas Muslim dari serangan terhadap komunitasnya.



    https://www.republika.co.id/berita/qvtpt9313/jendela-masjid-di-belanda-dilempari-botor-bir