BPOM Terus Dukung Ketersediaan Obat Di Masa Pandemi Covid-19

Reporter Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM) Penny K Lukito mengatakan, pihaknya mendukung iklim usaha yang kondusif di Indonesia sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penciptaan Lapangan Kerja.

Bentuk komitmen tersebut ditunjukkan dalam berbagai upaya dan inovasi untuk mempercepat dan memfasilitasi perizinan terkait obat melalui upaya deregulasi dan penyederhanaan proses bisnis untuk meningkatkan daya saing dan investasi pelaku usaha farmasi di Indonesia.

“Kami berupaya menyederhanakan perizinan dengan tetap mengutamakan aspek khasiat, keamanan, dan kualitas obat yang akan dikonsumsi masyarakat sepanjang Product Life Cycle,” ujarnya, Rabu (23/6/2021).

Badan POM juga mendukung berbagai upaya untuk memenuhi ketersediaan obat di masa pandemi Covid-19.

Antara lain dengan mempercepat pendaftaran obat dan produk hayati (PB) melalui upaya penyederhanaan persyaratan pendaftaran dalam skema Emergency Use Authorization (EUA), dengan tetap mempertimbangkan risiko dan manfaat serta mengkaji ulang jika diperoleh data baru.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, 39 Unit Jaringan Rumah Sakit Siloam Hospitals Sudah Antisipasi

Selama masa pandemi, Badan POM telah memberikan 20 persetujuan EUA untuk obat dan vaksin seperti Vaksin Covid-19, Coronavac, Vaksin Covid-19 AstraZeneca, Favipiravir, dan Remdesivir.

“Badan POM terus mengawal keamanan obat yang beredar termasuk vaksin dalam kondisi darurat, salah satunya dengan melakukan inspeksi langsung ke fasilitas distribusi vaksin dan mengeluarkan pedoman pengawasan keamanan obat dan vaksin setelah EUA,” katanya.

Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dan menjadi fokus pemerintah untuk dapat mengatasinya, menjadi tantangan tersendiri dalam penyelenggaraan pelayanan publik, pembinaan dan bimbingan teknis, mengingat pertemuan tatap muka dilakukan. dan layanan konsultasi sangat terbatas.

Menyikapi hal tersebut dan sejalan dengan era transformasi digital, Badan POM terus berinovasi dalam penyediaan pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi/digitalisasi.

Baca juga: Selalu Taati Protokol Kesehatan, Indro Warkop Bingung Positif Covid-19



https://www.tribunnews.com/corona/2021/06/23/bpom-terus-dukung-ketersediaan-obat-selama-pandemi-covid-19