BPTJ Sediakan Bus Gratis di Beberapa Stasiun di Jabodetabek

    Bus disediakan untuk Stasiun Manggarai, Tebet, Gondangdia, Cikarang, dan Bogor.

    REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan memberikan bantuan bus gratis pada Sabtu (15/5) dan Minggu (16/5) pagi dan sore WIB, tujuan Stasiun Manggarai, Tebet, Gondangdia, Juanda, Bekasi, Cikarang, Depok, dan Bogor. Bus bantuan diberikan untuk memenuhi ketentuan protokol kesehatan di KRL Commuter Line.

    Kepala BPTJ Polana Banguningsih Pramesti mengatakan, kebijakan itu dilakukan menyusul konsentrasi penumpang pada jam-jam tertentu di angkutan umum massal KRL. Apalagi di hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

    Meski pergerakan di kawasan aglomerasi terbatas, kata dia, masyarakat di Jabodetabek masih banyak yang bepergian menggunakan angkutan umum massal. Untuk itu, menurut Polana, hal ini berdampak pada penumpang KRL yang didominasi rombongan keluarga dan masyarakat yang sehari-hari tidak menggunakan KRL.

    “Penumpang ini masih awam dengan tata tertib kesehatan di angkutan umum massal, terutama pemenuhan syarat penjagaan jarak jauh. Beda sekali dengan para komuter yang menggunakan angkutan umum massal setiap hari sehingga terbentuk budaya transportasi seperti disiplin pelayanan kesehatan,” tuturnya. kata Polana melalui keterangannya, Senin (17). / 5).

    Ia mengatakan, bus yang disediakan BPTJ merupakan transportasi alternatif untuk mendukung pemenuhan syarat jarak jaga. Sehingga bus hanya beroperasi jika terjadi lonjakan penumpang KRL.

    Polana mengatakan bus akan disediakan di beberapa titik. Pada Sabtu dan Minggu pagi, sekitar pukul 08.30 WIB telah disediakan empat unit bus di Stasiun Bekasi dan empat unit di Stasiun Cikarang, menuju Stasiun Manggarai, Stasiun Tebet, Stasiun Gondangdia, dan Stasiun Juanda.

    “Untuk sore hari sekitar pukul 15.30 WIB disediakan delapan unit. Masing-masing satu unit bus dari Stasiun Manggarai, Stasiun Tebet, Stasiun Gondangdia, dan Stasiun Juanda dengan tujuan Stasiun Bekasi dan Stasiun Cikarang,” kata Polana.




    Source