Brasil menggantikan Argentina menjadi tuan rumah Copa America 2021

    Kolombia dan Argentina telah dibatalkan menjadi tuan rumah Copa America 2021.

    REPUBLIKA.CO.ID, LUQUE – Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) bergerak cepat menentukan tuan rumah Copa America 2021. Conmebol memilih Brasil.

    Sebelumnya, Kolombia dan Argentina ditetapkan menjadi tuan rumah turnamen, dalam edisi terbaru. Pekan lalu, hak Kolombia dicabut. Hal itu karena gejolak politik di tanah air yang tidak menentu. Baru-baru ini, Argentina juga membatalkan tuan rumah.

    Ada lonjakan kasus Covid-19 di negara asal mendiang Diego Armanda Maradona. Sebagai solusinya, Conmebol mencari tempat lain.

    “Conmebol menegaskan Copa America 2021 akan dimainkan di Brasil,” kata laporan itu Independent.co.uk, Selasa (1/6).

    Dengan demikian, berturut-turut Negeri Samba menjadi tuan rumah. Pada tahun 2019, turnamen ini berlangsung di sana. Saat itu, Selecao keluar sebagai juara.

    Sesaat Conmebol menarik napas lega. Dalam beberapa jam ke depan, mereka akan menentukan detail jadwal dan lokasi kompetisi.

    Rencananya, Copa America 2021 akan berlangsung mulai 13 Juni hingga 10 Juli. Dalam waktu kurang dari dua pekan, pesta pembukaan akan berlangsung.

    Perubahan berlangsung cepat, selama beberapa hari terakhir. Berdasarkan ESPN, Kolombia sempat meminta agar turnamen ini ditunda. Conmebol menolak lamaran negara. Pada tanggal 20 Mei, terjadi kerusuhan di sana.

    Di Argentina, terjadi lonjakan kasus virus korona. Pada akhir pekan lalu, sekitar 348 orang meninggal akibat infeksi virus tersebut.

    Dengan demikian, rekor untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah di Copa America gagal diukir. Sebanyak 10 negara berkompetisi dalam turnamen ini.



    https://www.republika.co.id/berita/qtzep7348/brasil-gantikan-argentina-tuan-rumah-copa-america-2021