BREAKING NEWS: Semua Akses Dalam dan Luar Jakarta Ditutup Mulai Pukul 00.00 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah pusat telah menetapkan kebijakan penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM) untuk menekan penyebaran Covid-19, khususnya di Jawa dan Bali.

Penerapan kebijakan tersebut berlaku mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Menyikapi hal tersebut, Polda Metro Jaya mengambil sikap dengan melakukan operasi kontingensi Safe Nusa II yang dibantu oleh TNI, Pemprov DKI Jakarta dan Dinas Perhubungan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, sebagai langkah awal operasi ini, pihaknya menegaskan akan menutup semua akses keluar masuk DKI Jakarta mulai pagi ini.

‚ÄúSelain pembentukan Satgas juga akan dilakukan pembatasan dan penertiban mobilitas di 35 titik serta pembatasan dan pembatasan mobilitas di 25 titik dalam wilayah hukum Polda. Mulai malam ini pukul 00.00 kita tutup semua. area masuk dan keluar Jakarta,” kata Fadil saat Operational Call. Kontingensi Safe Nusa II di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Sekjen PMI: Berhenti Bicara Politik, Saatnya Menyelamatkan Jiwa Manusia Gara-Gara Covid-19

Di titik masuk dan keluar akses Jakarta, kata Fadil, nantinya aparat keamanan akan menanyakan maksud dan tujuan setiap masyarakat yang melintas.

Jika kebutuhan tersebut dianggap tidak penting atau masuk dalam kategori esensial dan kritis, mereka akan diminta kembali ke daerah asalnya.

“Akan ada pemeriksaan ketat agar tidak ada yang bisa melakukan aktivitas di luar aktivitas yang esensial dan kritis,” katanya.

Hal ini perlu dilakukan, kata Fadil, mengingat peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 di Jakarta terus meningkat.

Kalaupun tidak ada penerapan tegas seperti ini, kata dia, kondisi kesehatan di Jakarta akan semakin mengkhawatirkan.



https://www.tribunnews.com/metropolitan/2021/07/02/breaking-news-seluruh-akses-masuk-dan-keluar-jakarta-ditutup-mulaipukul-0000-wib