BRI Luncurkan Dua Strategi Utama Dukung Kinerja Di Masa Pandemi

    Pada triwulan II tahun 2021, aset BRI sebesar Rp. 1.411,6 triliun atau tumbuh 7,8 persen

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk mengungkapkan dua strategi utama untuk mendukung kinerja perseroan di tengah pandemi Covid-19. Pertama, perusahaan secara aktif melakukan tinjauan menuju infrastruktur, baik dari protokol kesehatan, kebijakan pencairan dan restrukturisasi kredit, serta pengembangan produk dan layanan yang adaptif terhadap perubahan perilaku masyarakat.

    Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, strategi kedua adalah disiplin membentuk cadangan kredit yang memadai untuk memitigasi dampak pandemi terhadap kualitas kredit. “Kedua strategi tersebut terbukti berhasil, hal ini tercermin dari kinerja perusahaan yang mampu mencatatkan kinerja positif hingga akhir triwulan II tahun 2021, baik dari sisi neraca maupun profitabilitas,” ujarnya dalam Public Expose BRI secara virtual, Kamis (9/9).

    Tercatat pada triwulan II tahun 2021 aset BRI sebesar Rp. 1.411,6 triliun atau tumbuh 7,8 persen year on year (yoy) dan penyaluran kredit sebesar Rp. 912,1 triliun atau meningkat lima persen yoy atau lebih baik dari pertumbuhan industri perbankan nasional sebesar 0,6 persen.

    Pertumbuhan kredit didorong oleh segmen mikro yang tumbuh 17,0 persen yoy, disumbang oleh penyaluran KUR Mikro sebesar Rp87 triliun sepanjang tahun 2021. “Sehingga komposisi kredit mikro naik menjadi 40,2 persen dari triwulan II-2020 sebesar 36,1 persen. .Hal ini sejalan dengan aspirasi Kami menargetkan komposisi kredit mikro meningkat minimal 45 persen pada tahun 2025,” ujarnya.

    Kemudian pada kuartal II 2021, profitabilitas BRI tumbuh positif, laba bersih tumbuh 22% yoy menjadi Rp 12,45 triliun dan pendapatan bunga bersih (NII) Rp 46,35 triliun atau tumbuh 34,2 persen yoy.

    “Di tengah kondisi pandemi yang penuh tantangan ini, BRI optimis mampu mempertahankan pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan di masa mendatang sebagai strategi untuk mengamankan pertumbuhan masa depan yang kuat dan berkelanjutan,” ujarnya.



    https://www.republika.co.id/berita/qz68gv423/bri-ungkap-dua-strategi-utama-penopang-kinerja-saat-pandemi