Bukan Mimpi! Ini dia 5 langkah awal agar UMKM bisa mengekspor produk ke luar negeri

TRIBUNNEWS.COM – Menjual merchandise ke pasar luar negeri tentunya menjadi dambaan setiap UMKM yang ingin mengembangkan usahanya.

Meski terkadang, untuk bisa menjual produknya ke pasar luar negeri, UKM seringkali dihadapkan pada banyak tantangan.

Produk yang kurang inovatif, minimnya modal, dan kualitas produk yang belum memenuhi standar internasional menjadi beberapa tantangan yang harus dihadapi.

Selain itu, seringkali kurangnya pengetahuan tentang peluang ekspor UMKM juga dapat menjadi kendala bagi UMKM. Bahkan, kini sudah ada marketplace yang menawarkan peluang untuk mendukung impian UKM untuk ekspor.

Namun, tidak perlu khawatir! Dengan kerja keras, Anda bisa benar-benar mengekspor produk lokal ke luar negeri!

Berikut 5 modal awal yang bisa kamu lakukan untuk upgrade dan ekspor barang!

Memiliki produk produk yang unik dan berkualitas

Barang dagangan Anda harus memiliki keunikan yang tidak dimiliki produk lain. Anda harus menonjolkan keunikan produk yang Anda tawarkan baik dari segi fungsi maupun desain.

Keunikan produknya pasti bisa lebih menggelitik pasar. Biarkan konsumen merasa perlu memiliki barang tersebut karena berbeda dengan produk lain.

Keunikan dapat diciptakan dengan mengadopsi ciri khas budaya lokal, namun dengan sajian kontemporer dan modern. Hal ini dapat membuat perbedaan besar dibandingkan dengan produk dari negara lain.



https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/06/14/bukan-mimpi-ini-5-langkah-awal-agar-umkm-bisa-ekspor-produk-ke-luar-negeri