BUMDes Mangunsari Kembangkan Rest Area Menjadi Economic Center

REPUBLIKA.CO.ID,TEMANGGUNG – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bening di Desa Mangunsari, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengembangkan Rest Area (SRA) Sepodang di jalan raya Temanggung-Kendal yang akan menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat.

Direktur BUMDes Bening Sariyanto mengatakan SRA yang menempati lahan seluas 3.000 meter persegi ini merupakan terobosan pertama di Jawa Tengah.

“Selain sebagai tempat istirahat pengendara yang melintas, SRA ini juga menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat, karena semua produk UMKM yang ada di Desa Mangunsari dan Kecamatan Ngadirejo ada di sini,” ujarnya di Temanggung, Sabtu (10/4).

Bahkan, untuk mendukung pengembangan pariwisata di Temanggung, SRA juga menyediakan jasa sewa mobil untuk transportasi menuju tempat-tempat wisata, seperti wisata Jumprit, Agrowisata Kebun Buah Bejen, Curuk Surodipo dan lain-lain. Manajer SRA Triyono menjelaskan dengan adanya percontohan rest area dengan konsep penggerak ekonomi desa diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu juga menggali potensi yang ada di desa Mangunsari dan sekitarnya karena pembangunan rest area ini dilakukan oleh perwakilan yang mendukung dan menunjang pemasaran produk masyarakat setempat.

“Melalui SRA ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat, karena dari sembilan kios yang ada akan menghadirkan produk-produk UKM desa,” ucapnya.

Triyono menuturkan SRA juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti taman bermain, paket outbond, dan paket wisata. Pelaku UMKM Isroi mengapresiasi keberadaan SRA ini, karena keberadaannya dapat mengangkat potensi yang ada di Desa Mangunsari, termasuk kopi, serta berbagai produk makanan dan minuman tradisional.

“SRA merupakan wadah produk UMKM, termasuk kopi dan produk makanan tradisional dan kedepannya juga akan menghubungkan desa-desa wisata di Kecamatan Ngadirejo dan kabupaten sekitarnya,” ujarnya.

Kepala Desa Mangunsari Dina Haryanti berharap SRA ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kegiatan ekonomi guna meningkatkan pendapatan masyarakat desa. Ia optimistis pengembangan rest area yang dirintis BUMDes Bening bisa tumbuh mandiri dengan mengelola bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Saya berharap pengelolaan dan pelayanan di rest area ini dilakukan dengan baik dan profesional sehingga menjadi tempat istirahat yang nyaman bagi pengemudi dan wisatawan,” ujarnya.


Source