Bupati Jember Akan Melanjutkan PPKM Mikro di Tingkat RT/RW

    REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER — Bupati Jember Hendy Siswanto akan melanjutkan program Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdasarkan Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW). PPKM di tingkat RT/RW dinilai efektif mengedukasi warga dan menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

    “PPKM Mikro berbasis RT/RW sudah berjalan dengan baik dan programnya keren karena langsung masuk ke permasalahan,” kata Hendy, Senin (9/8).

    Program penanganan Covid-19 dari sektor hulu atau berbasis RT/RW dilaksanakan di tiga kecamatan kota di Kabupaten Jember. Yakni, Kecamatan Kaliwates, Sumbersari, dan Patrang dengan total 22 kecamatan yang saat ini menerapkan PPKM berbasis RT/RW karena tingginya kasus positif di tiga kecamatan tersebut.

    “Program ini langsung menyentuh warga dan menangani sektor hulu, maka program PPKM berbasis RT/RW akan kita lanjutkan,” ujarnya.

    Hendy menjelaskan, tujuan dari edukasi tersebut agar masyarakat yang isoman dan masyarakat sekitar menjadi lebih optimis di masa pandemi. Dengan demikian, tidak perlu takut, dan yang terpenting masyarakat diminta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan.

    “Pada hari kelima pelaksanaan PPKM Mikro berbasis hulu belum ada evaluasi yang komprehensif. Evaluasi hanya satgas kelurahan, kelurahan/desa yang sudah melaksanakan program tersebut,” ujarnya.

    Selama pelaksanaan PPKM level 3 di Kecamatan Kota Jember, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 lebih banyak mengunjungi pemukiman warga karena jumlah warga yang melakukan isolasi mandiri lebih banyak. “Seperti di Perumahan Graha Citra Mas, warga yang positif ada 24 orang, namun sudah sembuh enam orang dan isolasi mandiri 18 orang. Kami juga sudah memasang bendera merah bagi warga yang isolasi mandiri dan diberikan bantuan,” ujarnya.

    Hendy menjelaskan penanganan Covid-19 bukan hanya kewajiban pemerintah, sehingga pihaknya meminta masyarakat ikut membantu melaksanakan prokes dan mematuhi anjuran pemerintah. Saat meninjau kegiatan Keadilan Isolasi di Perumahan Graha Citra Mas, Bupati Jember juga berbincang dengan warga yang melakukan isolasi mandiri dan memasang bendera merah di rumah warga yang melakukan isolasi mandiri untuk memudahkan pemantauan, serta swab antigen. tes untuk kontak dekat dan orang-orang yang mengalami gejala serupa. Covid19.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/qxkw60409/bupati-jember-akan-lanjutkan-ppkm-mikro-di-tingkat-rtrw