Bupati Sleman Review Uji Coba Pembukaan Mall

    REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Bupati Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo, Rabu (25/8) meninjau uji coba pembukaan mall untuk memastikan pelaksanaan protokol kesehatan sesuai dengan Instruksi Bupati Sleman Nomor 25/INSTR/2021 . “Hari ini kami meninjau penerapan protokol kesehatan dalam uji coba pembukaan mal di Sleman. Sebelumnya, kami telah mengajukan izin uji coba pembukaan mal di Sleman ke pemerintah pusat,” katanya di Sleman, DIY, Rabu (25/8).

    Peninjauan di dua lokasi yakni Jogja City Mall dan Hartono Mall ini untuk melihat penerapan protokol kesehatan dalam uji coba pembukaan mal yang berlaku mulai 24 Agustus 2021.

    Menurut Kustini, ada sejumlah aturan yang telah ditetapkan dalam uji coba pembukaan mal, yakni kegiatan boleh beroperasi 50 persen dari kapasitas mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Ada lima mall yang sedang melakukan uji coba yaitu JCM, SCH, Hartono Mall, Amplaz dan Transmart. “Tentunya uji coba harus mengikuti ketentuan, antara lain kewajiban menggunakan aplikasi Peduli Protect untuk menyaring seluruh pengunjung dan pegawai mal,” ujarnya.

    Bupati mengatakan, selain itu, aturan lain dari uji coba pembukaan mal adalah restoran dan kafe di dalam mal hanya menerima pesanan take-away. Sedangkan pengunjung mall harus berusia di atas 12 tahun dan di bawah 70 tahun.

    “Mudah-mudahan dengan uji coba pembukaan mall ini dapat memulihkan perekonomian di wilayah Sleman sehingga UMKM di Sleman bisa bergerak kembali,” ujarnya.

    Dalam peninjauan tersebut, Kustini dan jajarannya menguji prosedur penyaringan pengunjung menggunakan aplikasi Peduli Protect. Selain itu, Kustini juga meninjau sejumlah tenant di JCM dan Hartono Mal untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan sesuai ketentuan yang ditetapkan.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/qye1gx384/bupati-sleman-tinjau-uji-coba-pembukaan-mal