Cantona Dukung Upaya Suporter Miliki Saham di United

Fans ingin langsung mengikuti arah langkah United.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER — Mantan legenda Manchester United dan gelandang serang Eric Cantona mendukung kampanye bertajuk kampanye Masuk untuk United. Kampanye online ini merupakan gerakan yang digagas oleh Manchester United Supporters Union (MUST), yang bertujuan untuk mendorong skema kepemilikan saham United oleh para pendukung United.

Kampanye ini merupakan respon dari MST terkait janji yang diberikan oleh salah satu pemilik Manchester United, Joel Glazer. Dalam pertemuan dengan sekelompok suporter United, awal bulan ini, pengusaha asal Amerika Serikat itu berjanji akan memberikan kesempatan kepada fans untuk bisa memberikan suara yang lebih besar dalam menentukan kebijakan klub.

Bahkan, dalam janjinya, Glazer sempat menyebut akan mendorong terciptanya skema kepemilikan klub olahraga oleh para penggemar terbesar di dunia olahraga. HARUS mencoba mengumpulkan janji ini melalui kampanye Masuk untuk United.

Nanti melalui kampanye Masuk untuk United, kelompok pendukung United, yang tersebar di seluruh dunia, diperkirakan akan mengajukan pembelian saham United.

MST bahkan berharap kelompok suporter United bisa memiliki jumlah saham yang sama dengan yang dimiliki Keluarga Glazer di United.

Dengan begitu, support group akan memiliki hak yang sama, seperti keluarga Glazer, dalam menentukan kebijakan klub. Cantona menjadi salah satu tokoh terkenal yang ikut dalam kampanye ini.

“Itu benar, sekali lagi, saya telah bergabung dengan United,” kata Cantona seperti dikutip Olahraga Langit, Jumat (25/6).

Direktur Eksekutif MUST, Duncan Drasdo, menyambut baik keputusan Cantona. Drasdo berharap suporter United yang tersebar di seluruh dunia dapat mengikuti jejak Cantona dan menandatangani kampanye online. Masuk untuk United bahwa.

”Sekali lagi, Cantona memimpin serangan United. Tidak ada yang mencintai klub lebih dari para penggemar itu sendiri. Oleh karena itu, penggemar harus berada di jantung kepemilikan klub. Kampanye ini merupakan langkah besar pertama untuk mencapai kondisi tersebut,” kata Drasdo seperti dikutip Olahraga Langit.

Hubungan antara jajaran struktural manajemen United dengan kelompok suporter United memang sempat mengalami ketegangan beberapa waktu lalu. Ketegangan ini bermula dari keputusan United untuk terlibat dalam rencana pembentukan Liga Super Eropa (ESL).

Ujung-ujungnya, menyusul serangkaian protes yang dilakukan suporter United, Setan Merah mundur dari rencana tersebut. Namun, protes tak berhenti soal keterlibatan United dalam rencana pembentukan ESL. Protes suporter United tumbuh menjadi penolakan atas kehadiran Keluarga Glazer di United.

Protes anti Glazer di awal Mei bahkan sempat membuat laga United melawan Liverpool di Stadion Old Trafford harus ditunda.



https://www.republika.co.id/berita/qv8s7g456/cantona-dukung-upaya-suporter-miliki-saham-di-united