Capaian Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia di Kalimantan Tengah Masih Rendah

    Target vaksinasi lansia di Kalimantan Tengah sebanyak 191.817 orang.

    REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul mengatakan hingga pertengahan April 2021 capaian vaksinasi Covid-19 yang menyasar lansia masih rendah.

    “Memang yang masih rendah adalah pencapaian target vaksinasi untuk lansia, jadi ini salah satu fokus kami,” kata Suyuti di Palangka Raya, Selasa (13/4).

    Berdasarkan data yang dirilis Satgas Covid-19 Kalteng pada Senin (12/4) pukul 15.00 WIB, target vaksinasi lansia sebanyak 191.817 jiwa dan realisasi vaksin pertama sebanyak 4.073 orang serta vaksin kedua. adalah 724 orang.

    Dijelaskannya, saat ini Kalteng sudah mengembalikan lebih dari dua ribu botol vaksin dan sudah disalurkan dengan pesan sekitar 60 persen diperuntukkan bagi lansia.

    Kebijakan ini merupakan perlindungan bagi para lansia, agar tidak harus bersaing dengan kaum muda dan masih prima yang berprofesi sebagai pegawai negeri, untuk mendapatkan vaksinasi.

    “Lansia ini perlu menjadi prioritas, meski jumlah yang terpapar jauh lebih rendah dibandingkan kelompok usia lainnya, namun angka kematian tertinggi ada pada lansia,” ujarnya.

    Suyuti menjelaskan, pencapaian vaksinasi lansia masih rendah karena banyak hal, antara lain keterbatasan fisik dan tidak adanya lansia yang bisa mengantar ke fasilitas kesehatan terdekat.

    Untuk itu, berbagai cara digunakan untuk mendorong tercapainya vaksinasi bagi lansia, seperti pemberian insentif bagi mereka yang belum menjadi sasaran pada tahap ini maupun yang bukan pegawai negeri.

    Insentif tersebut berupa vaksinasi apabila sudah divaksinasi dua lansia asalkan memenuhi kriteria vaksinasi.

    “Kami juga sudah mulai berkomunikasi dengan Biddokkes untuk mengadopsi metode regional lainnya, misalnya ada aparat keamanan yang membantu di antara mereka,” jelasnya.

    Namun pihaknya hanya mendukung dan menyambut baik, apakah bisa terwujud atau tidak, pihaknya akan menyerahkan kepada pihak-pihak terkait. Suyuti menegaskan, pada prinsipnya pihaknya menyambut baik siapa saja yang bersedia ikut mengawal lansia untuk vaksinasi.

    sumber: Antara




    Source