Cara Cek Penerima PKH, BST, dan BPNT, Login Cekbansos.kemensos.go.id

TRIBUNNEWS.COM – Beginilah cara memeriksa penerima Rp. 300 ribu tunai bansos melalui situs Cekbansos.kemensos.go.id.

Selain Bantuan Tunai Sosial (BST), Anda juga bisa memantau penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sebelumnya, pemeriksaan penerima bansos bisa dilakukan di dtks.kemensos.go.id.

Namun berdasarkan pantauan Tribunnews.com, Jumat (23/4/2021) pukul 07.22 WIB, hal dtks.kemensos.go.id tidak dapat diakses.

Informasi muncul “Segera akan datang“di tempat.

Halaman situs dtks.kemensos.go.id. Dalam artikel tersebut, ada cara untuk mengecek penerima PKH, BST, dan BPNT di Cekbansos.kemensos.go.id. (Tangkap layar dtks.kemensos.go.id)

Dikutip dari kemensos.go.id, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyampaikan, integritas Data Kesejahteraan Sosial Terpadu (DTKS) semakin ditingkatkan.

Hal ini dimaksudkan agar semua data memiliki identitas tunggal dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan data kependudukan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Integritas DTKS telah dipulihkan sepanjang Maret dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Menteri Sosial Nomor 12 / HUK / 2021 sehingga menjadi DTKS Baru,” ujarnya dalam jumpa pers, Rabu ( 21/4/2021).

Nantinya, DTKS Baru akan dibentuk setiap bulan untuk memastikan integritasnya terus ditingkatkan sekaligus mengakomodasi dinamika sosial masyarakat.

Data penerima bansos yang telah disalurkan dan / atau masih dalam proses, dapat diakses melalui aplikasi berbasis Web di http://cekbansos.kemensos.go.id.




Source