Cara Membuat Cinnamon Latte di Mikael Jasin House

Cinnamon Latte cukup mudah dibuat di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Saat Ramadan dan pandemi Covid-19, intensitas nongkrong di kafe untuk menikmati kopi favorit bisa jadi berkurang. Namun kondisi ini bukan menjadi penghalang untuk menikmati kopi, karena Anda bisa meraciknya sendiri dari rumah.

Head of Coffee Kopi Kenangan Mikael Jasin membagikan resep salah satu varian kopi andalannya yaitu Cinnamon Latte. Selain rasanya yang enak, bagi Mikael, cinnamon latte juga sangat merepresentasikan Indonesia sebagai penghasil kayu manis dan kopi terbesar di dunia.

“Kayu manis Baik salah satu komoditas rempah-rempah yang paling banyak diekspor di Indonesia selain kopi. Jadi ceritanya, saya ingin menunjukkan kekuatan Indonesia lewat perpaduan kopi dan rempah-rempah, ”kata Mikael dalam webinar kelas memori, Rabu (21/4).

Bahan yang perlu disiapkan antara lain kopi espresso, sirup kayu manis, susu full cream, susu evaporasi dan whipped cream, serta es batu. Untuk kopi espresso, Anda dapat membelinya secara online dari kedai kopi lokal atau membuatnya sendiri, jika Anda memiliki biji kopi yang tersedia di rumah.

“Untuk susunya, saya pakai tiga jenis agar menghasilkan rasa yang tidak membosankan. Makanya kami pakai full cream, evaporated milk, dan whipped cream,” kata Mikael.

Cara pembuatannya sangat sederhana, berikut penjelasan dari Mikael:

1. Masukkan es batu sesuai selera ke dalam gelas

2. Masukkan 60 ml susu full cream, 30 ml susu evaporasi dan 30 ml whipped cream. Kemudian aduk agar teksturnya merata.

3. Siapkan cangkir terpisah untuk kopi dan sirup. Tuangkan 40 ml kopi espresso dan 20 ml sirup. Kemudian aduk secara normal. Namun jika Anda memiliki alatnya frother, Anda bisa memanfaatkannya agar kopi dan sirupnya menjadi berbusa.

4. Setelah kopi dan sirup tercampur rata, tuangkan ke dalam gelas berisi susu.

5. Untuk finishing, Anda bisa menambahkan batang kayu manis atau bubuk di atas kopi. Dan ya, Cinnamon Latte bisa dinikmati.




Source