Cara Unik Ganjar Pranowo Cegah Korupsi, Ajak KPK Duduk Bersama Saat Bahas Anggaran yang Berakhir Mati

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku punya cara sendiri dalam mencegah korupsi di lingkungannya.

    Ganjar mengatakan, saat terjadi kebuntuan dalam proses pembahasan anggaran yang berbelit-belit dan melibatkan banyak pihak, ia kerap mengajak anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk duduk bersama.

    Ganjar mengatakan dia telah melakukan ini beberapa kali selama masa jabatannya.

    Baca juga: Moeldoko mengatakan, Jokowi berharap para menterinya tidak ditangkap KPK lagi

    Padahal, kata Ganjar, cara itu cukup efektif.

    Hal tersebut ia sampaikan pada Launching Aksi Pencegahan Korupsi Stranas PK 2021-2022 secara virtual pada Selasa (13/4/2021).

    “Jadi strategi kita sederhana saja, ketika terjadi kebuntuan untuk mengkomunikasikan persoalan anggaran yang sangat rumit yang melibatkan banyak pihak, kita minta izin Pak Firly. Dengan adanya KPK, ternyata semua proses berjalan lancar,” kata Ganjar.

    Baca juga: Komisi Pemberantasan Korupsi Buka Peluang Kembali Menjebak Sjamsul dan Itjih Nursalim dalam Kasus BLBI, Begini Syaratnya

    Selain itu, Ganjar juga menyampaikan kepada peserta pembahasan anggaran maksud dari kehadiran anggota KPK dalam forum tersebut.

    Dengan demikian, kata Ganjar, tidak ada lagi praktik korupsi atau kecurangan yang terjadi dalam proses pembahasan anggaran.

    “Karena saya katakan KPK ada di sini untuk melihat. Jadi prosesnya tidak lagi di bawah meja, tidak ada di bawah taplak meja, sehingga semuanya bisa dilihat di atas meja,” kata Ganjar.




    Source