Catat, India Laporkan 314 Ribu Kasus Baru Covid-19

Lebih dari dua pertiga rumah sakit di Delhi tidak memiliki tempat tidur kosong.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI – India melaporkan lebih dari 314 ribu kasus baru Covid-19 pada Kamis (22/4). Jumlah penambahan tersebut merupakan peningkatan harian tertinggi yang tercatat di negara itu sejak pandemi.

Sistem perawatan kesehatan di India mulai merasa kewalahan dengan lonjakan tajam kasus Covid-19. Rumah sakit di India utara dan barat, termasuk ibu kota New Delhi, telah mengumumkan bahwa mereka hanya memiliki beberapa jam persediaan oksigen medis yang diperlukan untuk menyelamatkan pasien Covid-19.

Menurut data dari Pemerintah Negara Bagian New Delhi, lebih dari dua pertiga rumah sakit tidak ada lagi tempat tidur kosong. Dokter akhirnya menyarankan pasien untuk tinggal di rumah. “Kami tidak pernah mengira gelombang kedua (Covid-19) akan menghantam kami begitu keras,” kata Kepala Eksekutif Biocon & Biocon Biologics Mazumbar Shaw dalam tulisannya untuk Economic Times. Biocon & Biocon Biologics adalah perusahaan perawatan kesehatan di India.

Menurut Shaw, pemerintah dan masyarakat India memang lengah ketika melihat penurunan kasus baru Covid-19. “Rasa puas diri menyebabkan kekurangan obat-obatan, persediaan medis, dan tempat tidur rumah sakit yang tak terduga,” katanya.

India telah meluncurkan program vaksinasi Covid-19. Namun hanya sebagian kecil dari total penduduk 1,3 miliar orang yang mendapatkannya. Sejauh ini India hampir mencatat 16 juta kasus Covid-19 dengan jumlah kematian melebihi 184 ribu. Itu menempati urutan kedua sebagai negara dengan kasus virus korona terbanyak di dunia AP.




Source