Cegah Invasi Tiongkok, Militer Taiwan Gelar Latihan Tempur Skala Besar

TRIBUNNEWS.COM, TAIPEI – Taiwan akan mengadakan latihan tempur skala besar dengan menggunakan skenario serangan dari China Daratan.

Latihan tersebut adalah bagian dari permainan perang tahunan yang mencakup simulasi komputer serta latihan tembak langsung, yang berlangsung di tengah ketegangan yang membara dengan Beijing.

Negara pulau itu, yang tidak diakui oleh China, akan melakukan latihan tahap pertama Han Huang, antara tanggal 23 dan 30 April.

Kementerian Pertahanan Taiwan menginformasikan Rabu (7/4/2021) bahwa tahap kedua akan dilaksanakan pada Juli mendatang, termasuk manuver tempur di dunia nyata.

“Latihan tersebut dirancang berdasarkan ancaman musuh terbesar, yang mensimulasikan semua kemungkinan skenario invasi musuh di Taiwan,” kata Mayor Jenderal Liu Yu-Ping seperti dikutip Rusia hari ini, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Pesawat Perang China dan AS Memasuki Zona Pertahanan Taiwan

Baca juga: Sistem rudal Taiwan dalam keadaan siaga saat jet tempur China terbang

Baca juga: China Dengan Tegas Memperingatkan Kemerdekaan Taiwan Berarti Perang

Ia menambahkan, porsi simulasi latihan akan berlangsung sepanjang waktu. Siaran pers Kementerian Pertahanan juga mengatakan latihan tembak langsung bulan Juli difokuskan pada penguatan pertahanan udara.

Aspek lain menguji kesiapan operasi gabungan angkatan laut, kesiapan tempur, lepas landas dan pendaratan pesawat tempur serta operasi gabungan anti pendaratan.

Pengumuman itu datang segera setelah Beijing melakukan putaran latihan tidak jauh dari Taiwan, yang dianggap sebagai provinsi pemberontak.

Latihan China melibatkan manuver kelompok kapal induk di dekat pulau itu, mendorong Taipei untuk mengklaim pesawat China itu melanggar wilayah udaranya.

Beijing telah berulang kali terbang di atas Selat Taiwan dalam beberapa pekan terakhir. Taiwan melaporkan kehadiran 20 pesawat China di wilayah udara mereka dalam satu hari di bulan Maret.




Source