Confusedology dalam Perkembangan Lanjutan Fisika Partikel

Perkembangan Terbaru Fisika Partikel

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Jaya Suprana, Humanis, Penggagas MURI Records, Pendiri Humanity Learning Center.

Pada tanggal 23 Maret 2021, panitia penyelenggara Konferensi Fisika Elektroweak Moriond melaporkan perkembangan terbaru dalam fisika partikel.

Padahal, acara ini disebut-sebut sebagai ajang kajian dan penemuan teori paling berguna di ranah sains, meski masih dianggap teori yang belum rampung sama sekali. Ini karena masih dalam taraf pengembangan.

Ilmu fisika partikel digambarkan sebagai wadah mulia bagi partikel fundamental yang gagal merangkum grativitas dan matte gelapr sebagai elemen misterius pada saat tarikan gravitasi yang juga tidak dapat menjelaskan mengapa ada lebih banyak materi daripada antimateri di alam semesta.

CERN

Dengan dalih yang tidak saya mengerti, tim ilmuwan dari laboratorium fisika partikel Eropa di Jenewa, yang dikenal dengan singkatan CERN, datang ke Konferensi Fisika Listrik Arus Lemah Moriond di La Thule, Italia.

CERN hadir dengan keyakinan mampu memberikan penjelasan tentang perkembangan fisika partikel yang patut dicatat dalam tinta digital di lembaran sejarah ilmu pengetahuan.

Rupanya penjelasannya cukup kuno tetapi terkait dengan partikel yang disebut quark indah yang merupakan bagian dari partikel yang disebut e-meson.

Ketika quark yang indah layu, partikel anak menghasilkan sepasang lepton bermuatan yang mungkin merupakan elektron dan anti-materi yang setara pada posisi pasangan lepton yang lebih berat, muon dan anti-muon.

Kesimpulan itu tidak sesuai dengan model standar yang memprediksi jumlah pasangan yang sama.

LHCB

Namun analisis hasil eksperimen LHCBd sebagai detektor yang dirancang khusus oleh tim ilmuwan CERN menyimpulkan bahwa pasangan elektron-positron lebih melimpah daripada pasangan muon.

Jika terkonfirmasi, inilah celah yang para peneliti cari dan tunggu untuk disisipkan linggis metaforis guna membuka Model Standar sebagai selubung yang menyelubungi apa yang disembunyikan sebagai kekuatan yang mungkin dari lima alam untuk mengiringi gravitasi, elektromagnetik dan kuat. dan arus lemah tenaga nuklir. .

Meskipun kalkulasi memperhitungkan probabilitas 1 dari 1.000, bukti itu bisa berfungsi. Ilmuwan fisika partikel bahkan lebih skeptis, dengan mempertimbangkan kemungkinan bukti keberhasilan menjadi 1 dari 3.500.000.

GETARAN SUKMA

Jika Anda memahami arti dari laporan Moriond’s Weak Current Electro Conference, itu berarti Anda memang seorang ilmuwan yang merangkap sarjana dengan wawasan pengetahuan dan kebijaksanaan kaliber super. Alasannya adalah, saya benar-benar tidak mengerti.

Jadi sebagai seorang ahli fisika partikel yang ultra awam, saya merasa sulit untuk merasakan getaran jiwa anggota tim CERN yang menyanyikan: “Kami benar-benar gemetar saat pertama kali melihat hasilnya, kami sangat senang. Jantung kami berdetak lebih cepat. Hati kita berdebar lebih cepat, merah)

Begitu pula orang yang tidak senang dengan tidak memahami betapa sulitnya itu, nyatanya mustahil bagi Michael Anthony, yang tuna netra dan autis, berhasil menyodorkan misi yang mustahil.

Hal itu dilakukan Michael Antony dengan menggelar Mahakarya Konserto nomor 1 gubahan Peter Ilyich Tchaikowksi diiringi Orkestra Simfoni Pusaka Indonesia secara virtual di mana musisi dan solois terekam secara virtual sehingga terpisah satu sama lain di lokasi kediaman masing-masing.




Source