Covid Meningkat, Bupati Buat Gerakan Mirip Jogo Sleman

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Bupati Sleman DIY, Kustini Purnomo menciptakan gerakan bernama Sesarengan Jogo Sleman yang artinya bersama-sama menjaga Sleman. Ini adalah ajakan untuk stay at home minimal seminggu, yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid.

Gerakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 443/01745 yang berisi ajakan untuk tetap di rumah. Kustini mengatakan gerakan ini dihadirkan untuk mengedukasi masyarakat di Sleman agar bisa stay at home terlebih dahulu mulai 28 Juni-5 Juli 2021.

“Gerakan Sesarengan Jogo Sleman perlu dilakukan karena lonjakan kasus yang signifikan di Sleman belakangan ini,” kata Kustini.

Melalui gerakan ini, ia menghimbau kepada masyarakat untuk berusaha sebaik mungkin untuk tetap berada di rumah. Kecuali, untuk melaksanakan pekerjaan dan kegiatan yang bersifat primer seperti pemenuhan kebutuhan kesehatan dan pangan yang mendesak.

Jika terpaksa harus keluar rumah, ia mengingatkan, masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan pertemuan tatap muka, membatasi berkumpul, makan bersama dan mewaspadai celah penularan.

“Ini masalah bersama bagi kita yang harus diselesaikan bersama. Gerakan Sesarengan Jogo Sleman ini merupakan wujud kepedulian untuk bersama menjaga Sleman dengan memutus mata rantai penyebaran covid,” kata Kustini.

Hingga 29 Juni 2021 saja, kasus positif COVID-19 di Sleman telah mencapai 6.254 kasus. Ada 1.075 pasien yang bisa dirawat di RS dengan kapasitas normal hanya sekitar 700 pasien, sehingga upaya peningkatan kapasitas akan terus dilakukan.

Plt Kasatpol PP Kabupaten Sleman, Susmiarto menegaskan, untuk penegakan hukum dan kedisiplinan masyarakat satgas akan menjalankan fungsinya dan terus berjalan secara bertahap. Ia menilai, dalam kondisi seperti ini peran masyarakat sangat penting.

Saat ini, lanjutnya, mereka mencoba memvariasikan pola pemantauan. Kalau dulu pengawasan lebih banyak dilakukan di tempat hiburan atau rumah makan, Satpol PP Sleman juga mengecek kegiatan yang direkomendasikan Satgas Kabupaten.

“Ini untuk melihat kepatuhan seperti apa yang telah diberikan. Kemudian, pengaduan masyarakat kami tangani dan setiap informasi yang disampaikan kepada kami langsung ditindaklanjuti di lapangan dengan melihat skalanya,” ujarnya.

https://repjogja.republika.co.id/berita/qvjysc399/covid-meningkat-bupati-buat-gerakan-sesarengan-jogo-sleman