CSR RU VI Balongan Rait Indonesia Green Awarfs 2021

Program pemberdayaan RU VI Balongan untuk meningkatkan potensi masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, BALONGAN – Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Refinery Unit VI Balongan kembali meraih penghargaan Indonesia Green Awards 2021. Penghargaan ini untuk kategori Pengembangan Keanekaragaman Hayati (Program Pengembangan Taman Hutan & Mangoes Center), dan kategori pengembangan pengolahan sampah terpadu (program Wiralodra).

Berbeda dengan penghargaan di tahun sebelumnya, di tengah pandemi Covid-19, pengumuman dan penghargaan secara offline diberikan dengan undangan terbatas pada Rabu (7/4) yang dipusatkan di Bali Room Hotel Kempinski Jakarta, sementara peserta yang hadir adalah tidak hadir menyaksikannya melalui aplikasi. on line.

Manajer Unit Komunikasi, Relasi, dan CSR Pertamina RU VI Balongan Cecep Supriyatna mengungkapkan bahwa Pertamina berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan masyarakat sekitar kilang Balongan melalui program pemberdayaan agar dapat meningkatkan potensi masyarakat. Harapannya, kata dia, selain bermanfaat untuk kelestarian lingkungan juga sebagai penambah pendapatan warga.

“Di tengah kondisi RU VI yang masih belum maksimal akibat kejadian di Tangki Kilang Balongan, kami juga terus melaksanakan program CSR terprogram agar tidak berhenti ditengah jalan,” ujarnya.

Cecep menjelaskan, Program Mangoes Center digagas oleh CSR Pertamina RU VI Balongan dilaksanakan di 2 (dua) tempat yaitu di Desa Karanganyar dan Desa Rawadalem. “Melalui program ini RU VI memberdayakan kelompok masyarakat dalam budidaya mangga Agrimania yang bernilai ekonomi tinggi,” ujarnya.

Melalui Program Wiralodra, RU VI mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan sampah organik dan anorganik. Dimana sampah organik diolah menjadi kompos dan sebagai pakan larva maggot, sedangkan sebagian sampah anorganik dimanfaatkan melalui bank sampah, sebagian lagi dijadikan ecobrick.

Cecep berharap penghargaan ini dapat memacu RU VI menjadi lebih baik lagi, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Kilang Pertamina RU VI Balongan.




Source