Daerah diminta untuk menjalankan ekstensi PPKM mikro dengan baik

Covid-19 pekan ini mengalami tren peningkatan kasus kematian, positif dan pemulihan yang menurun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta pemerintah daerah di provinsi yang telah memberlakukan perpanjangan PPKM mikro dapat menerapkan kebijakan ini dengan baik. Perpanjangan PPKM mikro dilakukan selama dua minggu mulai tanggal 6-17 April 2021.

“PPKM mikro telah diperpanjang selama dua minggu mulai tanggal 6-17 April 2021. Ada tambahan lima provinsi peserta dalam PPKM mikro, yaitu Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, dan Papua,” kata Wiku saat jumpa pers di Jakarta. Kamis (8/4).

Lebih lanjut Wiku menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 minggu ini yang menunjukkan tren peningkatan kasus positif, kematian, dan juga penurunan angka kesembuhan. Tren mingguan yang memburuk harus menjadi perhatian daerah. Penambahan kasus positif minggu ini sebesar 6,3 persen disumbang oleh Banten yang meningkat lebih dari enam ribu kasus dalam sepekan.

Kemudian kasus kematian meningkat 0,9 persen pada pekan ini dan juga disumbang oleh Banten yang berjumlah 149 kasus. Untuk kasus pemulihan, Satgas mencatat penurunan pemulihan hingga 7,8 persen pada pekan ini. “Adanya peningkatan pencatatan kasus Covid-19 baik positif, meninggal, maupun sembuh dari Provinsi Banten yang memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kasus positif dan kematian secara nasional karena proses pencatatan dan pelaporan data masih sinkron antar pusat. dan pemerintah daerah, “ujarnya.




Source