Data Pemerintah Kota Yogyakarta tentang Keluarga dan Penghuni Rumah Kos

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Pemerintah Kota Yogyakarta telah melakukan pendataan keluarga. Ditargetkan sebanyak 97.242 keluarga akan terdata.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan pendataan ini tidak hanya menyasar warga yang memiliki KTP Kota Yogyakarta. Namun, penghuni kos, asrama, dan kontrakan juga menjadi sasaran pendataan.

Menurut dia, pendataan rumah kos, asrama, dan kontrakan sangat penting bagi pemerintah dalam menyediakan database yang benar. Sehingga, kata dia, bisa menjamin kualitas terkait intervensi program bina keluarga, kependudukan dan program pembangunan lainnya.

“Tidak ada istilah yang tidak punya keluarga dan tidak tercatat. Anak-anak yang tinggal di kos-kosan baik itu kos mandiri, tinggal di asrama maupun kontrak dengan teman-temannya semoga juga menjadi peserta yang terekam. dalam satu kesatuan keluarga yang tinggal dan tinggal di lingkungan kota. Yogyakarta, “kata Haryadi, di Yogyakarta.

Bagi masyarakat yang sedang didata diharapkan mampu memberikan data yang benar. Haryadi mengatakan, hal tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab keluarga dalam partisipasi rumah tangga dalam proses pendataan keluarga.

“Berikan jawaban yang jujur ​​dan benar, karena akan berdampak positif bagi proses perkembangan manusia dalam tatanan keluarga,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah desa, kecamatan, kecamatan, dan pihak terkait lainnya diharapkan dapat membantu proses pendataan keluarga berjalan dengan lancar. Terlebih terlibat dalam memberikan solusi bagi masyarakat yang selama ini belum bisa terekam atau mengalami masalah saat proses pendataan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta, Edi Muhammad, mengatakan proses pendataan dilakukan mulai April hingga Mei 2021.

Mengenai pendataan rumah kos, asrama dan kontrakan, setidaknya sudah dihuni selama enam bulan. “Mereka wajib memberikan informasi terkait pendataan keluarga ini,” kata Edi.


Source