Data pengguna dilaporkan bocor ke publik, kata bos Clubhouse itu

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Aplikasi Clubhouse dikabarkan mengalami kebocoran data sebanyak 1,3 juta pengguna, yang tersebar di salah satu forum hacker online.

Data pengguna Clubhouse menampilkan identitas akun pengguna, nama asli, akun Twitter dan Instagram yang ditampilkan dalam format SQL.

Mengenai hal ini, CEO Clubhouse mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar dan menyesatkan. Menurutnya, artikel terkait informasi ini hanya sekedar clickbait untuk memikat pembaca dengan judul kontroversi.

“Kami tidak diretas, data di forum adalah data yang tersedia di profil pengguna di aplikasi Clubhouse dan itu informasi publik,” kata Paul seperti dikutip Cyber ​​News, Selasa (13/4/2021).

Cyber ​​News sendiri melaporkan bahwa data yang dipublikasikan di forum hanya sebatas nama identitas pengguna dan akun media sosial serta tidak ada informasi sensitif seperti nomor kartu kredit atau nomor identifikasi pribadi.

Baca juga: Serupa dengan Clubhouse, induk perusahaan TikTok sedang bersiap-siap membuat aplikasi audio chat

Selain Clubhouse, data pengguna LinkedIn juga dilaporkan telah dipublikasikan secara online, tetapi hal ini telah dibantah oleh Microsoft.

Clubhouse sendiri di awal tahun ini, menjadi aplikasi yang sangat digemari masyarakat. Aplikasi yang ekslusif di platform iOS ini juga menarik perhatian banyak orang.

Baca juga: Challenge Clubhouse, Twitter Mengembangkan Ruang Ruang Obrolan Audio untuk Pengguna Android

Menurut situs The Verge, meski hanya ditujukan untuk pengguna iOS, aplikasi ini telah mencapai lebih dari 10 juta unduhan.

Kehadiran Clubhouse pun membuat media sosial lain, seperti Twitter hingga Facebook, berlomba-lomba mengembangkan aplikasi serupa sebagai kompetitor.

Aplikasi Clubhouse sendiri merupakan media sosial berbasis audio, pengguna dapat mendengarkan orang lain membicarakan banyak hal dan aplikasi ini tidak menghadirkan komunikasi dua arah jika tidak diperbolehkan menjadi pembicara atau pembicara.




Source