Dhafa, Anak Penyandang Disabilitas Lancar Menghafal 26 Juz Al-Qur’an

    Dhafa mampu menghafal Al-Qur’an meski cacat mata

    Oleh : Ustadz Yendri Junaidi Lc MA, dosen di STIT Diniyyah Puteri Padang Panjang, alumni Al-Azhar Mesir

    REPUBLIKA.CO.ID, Namanya Dhafa Hudaya. Ia lahir prematur saat berusia 6,5 ​​bulan dalam kandungan ibunya. Itu sebabnya saraf penglihatannya tidak sempurna.

    Namun, dia adalah anak yang ceria. Kenal dengan siapa saja. Apa yang dilihat sebagian orang sebagai kelemahan dalam diri mereka, sebenarnya merupakan keuntungan. Mata di kepalanya mungkin tidak berfungsi, tetapi mata di hatinya jauh lebih kuat daripada mata hati kebanyakan orang.

    Di sela-sela acara makan siang Bupati Tanah Datar di Indo Jalito, beberapa waktu lalu saya sempat berbincang dengan ayah Dhafa yang juga seorang guru.

    Ayah Dhafa jujur ​​mengatakan, awalnya cukup sulit baginya untuk menerima kenyataan bahwa putranya lahir dengan gangguan penglihatan.

    Bahkan terkadang dia merasa malu. Tak jarang saat akan menghadiri acara walimahan, Dhafa sengaja ditinggal di dalam mobil agar tidak menjadi perhatian orang banyak.

    Namun hal itu berubah ketika sang ayah melihat potensi Dhafa dalam menghafal Alquran. Sejak usia lima tahun, Dhafa sudah mulai menghafal Alquran. Media yang digunakan hanya aplikasi Al Quran di handphone. Hafalan Dhafa begitu kuat, dalam sehari dia bisa menghafal satu juz.

    Dhafa juga didaftarkan di rumah tahfizh untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan hafalan dan membaca. Dhafa juga terlibat dalam berbagai acara musabaqah. Hasilnya sangat menggembirakan. Sejak saat itu, rasa malu yang dirasakan sang ayah berubah menjadi kebanggaan.

    Sekarang Dhafa berusia sembilan tahun. Pada usia dini ini ia telah hafal 26 juz. Insya Allah Dhafa akan memperkuat kontingen Tanah Datar untuk berlaga di MTQ Sumbar di Padang Panjang November mendatang di cabang hafiz 20 Juz.

    Semoga Allah SWT memberikan kita kecintaan kepada Al-Qur’an dan para ahli Al-Qur’an. Amin.



    https://www.republika.co.id/berita/r079sr320/dhafa-bocah-disabilitas-mata-fasih-hafal-26-juz-alquran