Di tengah Pandemi Covid, ‘Jenderal Buah Lengkeng’ ini sukses

Pengunjung yang datang tidak hanya memetik buah dari pohonnya, melainkan sambil berwisata.

REPUBLIKA.CO.ID, Berangkat dari keterbatasan fisik akibat musibah yang menimpa dirinya saat bertugas di Ambon, tak membuat semangat hidup sosok Sersan Dua (Serda) Mugiyanto itu putus asa. Serda Mugiyanto adalah anggota Badan Pembinaan Desa (Babinsa) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Koramil 19/Borobudur Kodim 0705 Magelang, Jawa Tengah.

Personil Babinsa ini dikenal sebagai motivator, petani, koordinator petani dan dijuluki “Jenderal Kelengkeng” oleh Kementerian Pertanian karena keberhasilannya merangkul dan membina hingga 10 ribu petani dari Sabang hingga Merauke.

Keberhasilan Serda Mugiyanto bermula dari kisah tragis yang dialaminya saat melakukan operasi pengamanan di daerah rawan (pamrahwan) hingga kawasan Ambon pada tahun 2001. Saat itu ia berangkat bersama Batalyon Infanteri 408/Suhbrastha Raider. Tepat pada November 2001, Mugiyanto dan rekan-rekannya sedang melakukan patroli lapangan tanpa sengaja menginjak ranjau darat yang mengakibatkan kaki kanannya putus dan cacat seumur hidup.

Akibat ledakan dahsyat ranjau darat itu, kaki Serda Mugiyanto terputus hingga tak bisa ditemukan. Dia ingat, saat itu, itu adalah perjuangan antara hidup dan mati karena kondisinya terus memburuk.

sumber : Antara



https://www.republika.co.id/berita/qvbb0g396/di-tengah-pandemi-covid-jenderal-buah-lengkeng-ini-sukses