Didampingi Panglima TNI, Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal di Kendari

Reporter Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi massal di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (30/6/2021).

Jokowi meninjau vaksinasi massal didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Rosan Roeslani.

Jokowi berkeliling dan melihat tahapan dan proses vaksinasi dari jarak dekat. Presiden juga menyapa dan menanyakan proses vaksinasi bagi warga dan pemberi vaksin.

Usai berkeliling meninjau vaksinasi, Jokowi menggelar dialog dengan sejumlah pemerintah daerah, baik kabupaten maupun kota di Provinsi Sulawesi Tenggara, yang juga menggelar vaksinasi massal.

Baca juga: Moderna mengklaim vaksinnya efektif melawan varian Delta

“Ya, semua orang sehat setelah divaksinasi, tetapi hati-hati memakai masker di mana-mana,” kata Jokowi dalam dialog.

Presiden meminta seluruh masyarakat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 agar imunitas komunal dapat segera tercapai.

“Ini hasil kerjasama semua orang, dengan Kodam dengan Polda, dengan Kodim, dengan Polres, semuanya,” kata Jokowi.

Baca juga: Fraksi PKS Tolak Rencana Sanksi Denda Bagi Warga yang Tidak Mau Divaksinasi Covid-19

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan kunjungan kerja Jokowi ke Kendari untuk memastikan pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan pemerintah kota di Provinsi Sulawesi Tenggara aktif dalam penanganan Covid-19.

“Seperti kita ketahui, Presiden ingin mendorong vaksinasi massal agar terus didorong mengejar target 1 hingga 2 juta vaksin per hari,” kata Heru.

Setelah itu, Presiden dijadwalkan memberikan pembinaan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Sulawesi Tenggara di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Pengusaha Mal dan Pusat Perbelanjaan Keberatan Pelaksanaan PPKM Darurat

“Di sini, Presiden memberikan arahan kepada gubernur, bupati, dan walikota se-Provinsi Sulawesi Tenggara dalam penanganan Covid-19,” kata Heru.

Heru menjelaskan, dalam pertemuan itu, Presiden akan mengingatkan kepala daerah untuk mengoptimalkan posko PPKM mikro di desa dan kelurahan untuk mengatasi penyebaran Covid-19.

“Presiden mengingatkan fungsi Posko untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat agar disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” kata Heru.



https://www.tribunnews.com/corona/2021/06/30/didampingi-panglima-tni-jokowi-tinjau-vaksinasi-massal-di-kendari