Didukung SoC Snapdragon 870 dan Fitur Extended RAM Membuat Performa Vivo X60 Series 5G Lebih Cepat

    Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Hari Darmawan

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Vivo belum lama ini resmi meluncurkan seri smartphone flagship terbarunya di Indonesia yaitu X60 Series 5G.

    Smartphone andalan Vivo terbaru ini memiliki berbagai penyempurnaan dibandingkan pendahulunya yaitu Seri X50. Peningkatan ini berkisar dari teknologi 5G, Gimbal Stabilization 2.0 hingga proses yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 870 SoC.

    Vivo X60 Series 5G dikatakan memiliki performa layaknya smartphone flagship yang didukung dengan konfigurasi RAM dan ROM yang besar serta fitur Extended RAM yang dapat memanfaatkan ruang memori internal sebesar 3GB untuk meningkatkan performa.

    Product Manager Vivo Indonesia Hadie Mandala mengatakan, melalui SoC Qualcomm Snapdragon 870 tentunya dapat melengkapi kebutuhan masyarakat dalam menggunakan smartphone.

    “Prosesor SoC Snapdragon 870 tentunya bisa meningkatkan kemampuan smartphone dalam hal performa lebih cepat, apalagi saat bermain game tanpa harus mengalami lag,” kata Hadie dalam keterangannya, Senin (12/4/2021).

    Baca juga: Seri Vivo X60 Memiliki Fitur Pro Layaknya Fotografer Profesional

    Selain itu, Hadie juga menjelaskan bahwa Vivo X60 Series juga dibekali dengan kapasitas RAM yang besar dengan pilihan mulai dari 8GB hingga 12GB dan kapasitas memori internal 128GB hingga 256GB.

    “Dengan dukungan ini tentunya bermain game akan lebih lancar dan juga akan membuat pengalaman pengguna menjadi lebih menyenangkan,” kata Hadie.

    Hadie juga mengungkapkan bahwa salah satu teknologi terbaru yang dibawa pada X60 Pro 5G dan X60 5G adalah penyematan teknologi Extended RAM yang mampu meningkatkan kapasitas RAM hingga 3GB.

    Teknologi ini memiliki konsep yang sama dengan Personal Computer (PC). Extended RAM mengacu pada kemampuan smartphone untuk memperluas memori penyimpanan sementara dengan mengambil sumber daya dari penyimpanan flash internal, kata Hadie.

    Baca juga: Siapkan hadiah menarik, vivo mengajak penonton untuk mengikuti kuis digital

    Sistem kerja Extended RAM ini, lanjut Hadie, dengan menjadikan memori sekunder dapat digunakan sebagai bagian dari memori utama.

    Di Vivo X60 Series 5G, penambahan virtual RAM menggunakan ruang penyimpanan internal hingga 3GB untuk meningkatkan performa ponsel, kata Hadie.

    Dengan begitu, jika ponsel memiliki RAM 12 GB maka fungsi Virtual RAM bisa meningkatkan total memori yang tersedia hingga 15 GB RAM. Dengan tambahan virtual RAM, smartphone Vivo X60 Series 5G akan mampu menjalankan lebih banyak aplikasi.

    Melalui teknologi ini tentunya pengguna tidak perlu khawatir untuk memainkan game yang memiliki level grafis besar karena didukung dengan Extended RAM, ujar Hadie.




    Source