Dinas Kesehatan Jateng Siapkan Pusat Vaksinasi ke Desa

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG –– Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah akan menyiapkan balai vaksinasi sampai ke tingkat desa dan kecamatan sebagai upaya percepatan Program Vaksinasi sekaligus mencapai target imunitas kelompok (herd immunity).

“Nantinya, vaksinasi center tidak akan terkonsentrasi di perkotaan saja, tetapi sudah menjangkau pelosok-pelosok Jawa Tengah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo di Semarang, Kamis.

Meski demikian, penyiapan balai vaksinasi di tingkat desa/kelurahan dilakukan jika kuota vaksin dari Kementerian Kesehatan sudah memenuhi kebutuhan per minggu.

Menurut dia, Kementerian Kesehatan akan memberikan tambahan vaksin lebih banyak dari kuota sebelumnya pada Agustus 2021 sehingga diharapkan bisa mempercepat pencapaian target vaksinasi.

“Kami akan siapkan desain untuk setiap desa/kelurahan di Jawa Tengah menjadi tempat vaksinasi untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat,” ujarnya.

Jika desa/kelurahan belum siap melaksanakan program vaksinasi, kata dia, bisa dialihkan ke puskesmas setempat.

“Tentunya perlu ada penambahan outlet vaksin atau vaksin center. Di Semarang banyak pusatnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Yulianto mengatakan pihaknya juga akan menyiapkan vaksin dari setiap kabupaten/kota untuk didistribusikan di setiap desa/kelurahan di Jawa Tengah.

“Kalau vaksinator dari Dinas Kesehatan tidak mencukupi, maka akan dibantu oleh vaksinator dari TNI/Polri. Segala upaya dan upaya kami lakukan untuk mempercepat program vaksinasi ini,” ujarnya.

https://repjogja.republika.co.id/berita/qwnhmt327/dinkes-jateng-siapkan-sentra-vaksinasi-hingga-ke-desa