Dinkes Minta Warga Tinggal Laporan Isoman ke Puskesmas

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Malang, Husnul Mu’arif meminta warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) untuk melapor ke Puskesmas setempat. Langkah ini penting agar berada di bawah pengawasan Gugus Tugas Covid-19.

Husnul tak memungkiri ada sebagian warga yang hanya menjalani tes antigen Covid-19. Kemudian melaksanakan isoman di rumahnya masing-masing tanpa melapor ke Puskesmas. “Juga tanpa melapor ke RT atau RW, ini yang luput dari pengawasan,” ujarnya di Kota Malang, Kamis (22/7).

Berdasarkan situasi tersebut, Husnul mengimbau warga untuk melaporkan kondisinya ke RT/RW dan Puskesmas setempat. Himbauan ini tidak hanya bagi warga yang mendapatkan hasil positif Covid-19 dari tes swab.penyeka) tapi tes antigen juga. Dengan begitu, mereka bisa terpantau termasuk mengantisipasi jika kesehatan yang bersangkutan memburuk.

“Jadi ini diharapkan bisa mengurangi kasus yang terlambat rujukan,” jelasnya.

Total kasus positif COVID-19 di Kota Malang mencapai 9.281 orang per 21 Juli pukul 20.00 WIB. Dari jumlah tersebut, 708 orang meninggal dan 6.503 orang dinyatakan sembuh. Sedangkan 2.070 orang masih dalam perawatan dan isolasi, baik di rumah sakit, maupun di rumah sakit. rumah aman dan rumahnya masing-masing.

https://repjogja.republika.co.id/berita/qwn6an335/dinkes-minta-warga-jalani-isoman-lapor-ke-puskemas