Disdik DKI Konfirmasi Penghentian Uji Coba Tatap Muka

    Penghentian uji coba tatap muka di DKI Jakarta karena meningkatnya Covid-19

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kepala Humas Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Taga Radja membenarkan penghentian uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah sekolah di ibu kota.

    Hal itu, kata dia, setelah pihaknya berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait. “Iya. Kemarin ada rapat koordinasi antara Dinas Kesehatan, Disdik, Diskominfotik, TGUPP. PTM akan dihentikan,” kata Taga saat dikonfirmasi, Kamis (17/6).

    Taga mengatakan keputusan ini diambil karena lonjakan kasus Covid-19 di ibu kota dalam beberapa hari terakhir. Dengan demikian, sidang PTM dihentikan sementara dengan mempertimbangkan keselamatan para siswa.

    “Kasus COVID-19 semakin meningkat, ada juga instruksi dari gubernur mengenai hal ini. Jadi kami mengamankan kebijakan untuk kesehatan dan keselamatan anak-anak kami,” katanya.

    Dia membenarkan alasan penghentian uji coba PTM itu karena tingginya kasus penularan virus corona dan inisiatif pemerintah. Taga mengatakan tidak ada tekanan dari orang tua.

    “Pasti Covid-19 bukan karena tuntutan orang tua. Ini inisiatif pemerintah melihat ini, jadi sudah ada rapat koordinasi dan sudah diputuskan,” katanya.

    Keputusan itu tertuang dalam surat pemberitahuan dari Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 8057/-1.851. Surat tersebut ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana pada 17 Juni 2021.

    Dalam surat tersebut disebutkan bahwa proses belajar mengajar akan dilakukan secara online sampai ada keputusan lebih lanjut.

    “Kegiatan Mixed Learning tatap muka dan online pada satuan pendidikan sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan OKI Jakarta Nomor 336 Tahun 2021 tentang Penunjukan Satuan Pendidikan yang Melakukan Uji Coba Terbatas Mixed Learning Selama Masa Pemberlakuan. Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Nomor 547 Tahun 2021 Penetapan Satuan Pendidikan Menyelenggarakan Uji Coba Tahap I Mixed Learning Selama Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dilaksanakan sepenuhnya secara online atau belajar dari rumah sejak diterbitkannya surat pemberitahuan ini sampai dengan adanya keputusan lebih lanjut,” bunyi diktum pertama dalam surat pemberitahuan tersebut.



    https://www.republika.co.id/berita/quutyo320/disdik-dki-benarkan-penghentian-uji-coba-tatap-muka