Disdukcapil Depok jemput bola untuk melayani dokumen kependudukan

    REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Jawa Barat, melakukan penjemputan untuk pencatatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) atau E-KTP. Pengabdian kali ini dimulai di Yayasan Pendidikan Luar Biasa (YPLB) Kecamatan Beji, Kota Depok, Kamis (12/8).

    “Layanan jemput bola ini merupakan tindak lanjut dari layanan WhatsApp Komunitas yang diluncurkan beberapa waktu lalu,” kata Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widayatti, di Balai Kota Depok, Kamis (12/8).

    Menurut Nuraeni, layanan dokumen kependudukan masyarakat ini dilakukan untuk yayasan, asosiasi disabilitas serta perwakilan sekolah dan rumah sakit. Salah satunya adalah YPLB Beji yang telah bekerjasama dengan Disdukcapil Depok.

    “Kami ambil bolanya dan merekam disana. Kami melayani 15 anak difabel, satu penyandang disabilitas dewasa, 11 anak tunagrahita, satu anak autis, satu anak. sindrom Down, satu tuli dan satu lumpuh,” jelasnya.

    Nuraeni melanjutkan, ada dua warga panti asuhan yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Untuk itu, pihaknya telah melakukan proses penyerahan biodata. “Ada 36 warga yang masuk ke Yayasan Kartu Keluarga (KK). Kemudian ada juga yang sudah meninggal. Jadi kami juga melayani penyerahan akta kematian,” ujarnya.

    Ia menambahkan, pengabdian kepada masyarakat merupakan upaya untuk terus memberikan pelayanan yang membuat masyarakat senang. Sehingga mereka yang berada di tempat penampungan dan panti asuhan bisa mendapatkan haknya atas dokumen kependudukan.

    “Pelayanan masyarakat bisa melayani pembuatan NIK, akta kelahiran, akta kematian dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KIA). Kami sudah siapkan layanan WhatsApp khusus di 081285406066,” pungkasnya.

    https://repjabar.republika.co.id/berita/qxqbgg487/disdukcapil-depok-jemput-bola-layani-dokumen-kependudukan