Ditambahkan Lab Hamera, Pemerintah Kota Jakarta Utara Memiliki Total 14 Lab Uji PCR

    Lab Hamera juga merupakan laboratorium PCR ke-110 di DKI Jakarta.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara menambah jumlah laboratorium (lab). reaksi berantai polimerase (PCR) ke 14, usai peresmian Laboratorium Hamera di Jalan Terusan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (14/4). Kepala Dinas Kesehatan Jakarta Utara, dr Yudi Dimyati, mengatakan Lab Hamera juga merupakan laboratorium PCR ke-110 di DKI Jakarta.

    “Laboratorium ini merupakan lab ke-110 yang bisa melayani uji PCR di DKI Jakarta. Jadi, kami sudah memiliki 110 lab yang bisa dan kompeten untuk melayani uji PCR,” kata Yudi.

    Yudi meminta Lab Hamera mencermati percepatan pencatatan kasus positif Covid-19 agar selalu tepat waktu.waktu sebenarnya). Selama ini, kata Yudi, kendala di 109 lab PCR di DKI adalah pemasukan kasus yang tidak tepat waktu, sehingga berdampak pada data kasus positif aktif di wilayah DKI Jakarta.

    “Sejauh ini sudah ada beberapa kasus (positif aktif), sudah diperiksa (PCR) uh rekaman (memasukkan) baru keluar tiga hari kemudian. Hal ini kemudian berujung pada peningkatan kasus, ”kata Yudi.

    Menanggapi permintaan tersebut, Direktur Utama Lab Hamera Lusyani Suwandi mengatakan akan memperhatikan kecepatan pencatatan hasil laboratorium sesuai permintaan Kantor Kelurahan Jakarta Utara. Hingga saat ini target analisis di Hamera Lab adalah 1.000 sampel.

    “Keempat analis yang bertugas pada shift pertama bisa memeriksa hampir 500 sampel, jadi jika total shift kedua bisa mencapai 1.000,” kata perempuan yang disapa Lusy ini.

    sumber: Antara




    Source