DKI Tutup Puluhan Gerai McDonald’s dan Pengenaan Denda

    Penutupan dan denda karena keramaian selama promo BTS Meal.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan sejumlah gerai restoran cepat saji McDonald’s ditutup sementara dan dikenakan denda administrasi akibat kerumunan orang selama promo “BTS Meal” pada Rabu ( 9/6). McDonald’s juga diminta membentuk satgas internal Covid-19.

    “Jadi karena ada massa yang luar biasa, Satpol PP melakukan tindakan penyegelan oleh TNI, Polri dan Satgas dan ditutup sementara 1×24 jam,” kata Riza di Balai Kota Jakarta, Rabu.

    Berdasarkan laporan yang diterimanya, puluhan gerai McDonald’s ditutup sementara, seperti di Gambir, Cideng, Kramat Raya, Raden Saleh, Menteng dan beberapa di Jakarta Timur. Soal denda, Riza mengatakan pihaknya sudah menyiapkan denda administrasi sesuai peraturan daerah di masa pandemi ini, yakni Rp 50 juta.

    “Denda biasa Rp 50 juta,” kata Riza yang tidak menjelaskan apakah denda itu per outlet atau satu unit.

    Sebelumnya, McDonald’s Indonesia meluncurkan paket menu terbaru yaitu “BTS Meal”. Menu kolaborasi dengan Bangtan Boys atau BTS asal Korea Selatan ini sudah bisa dibeli mulai Rabu, 9 Juni 2021.

    Fans juga berburu menu ke gerai McDonald’s baik secara langsung maupun melalui ojek online (on line). Akibatnya, antrean meledak dan terjadi kerumunan. Polisi dan petugas Satpol PP kemudian menutup sementara beberapa gerai yang menyediakan “BTS Meal”.

    Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin meminta manajemen McDonald’s membentuk satgas internal Covid-19 untuk mengantisipasi kerumunan massa seperti yang terjadi saat promosi produk “BTSMeal”. Arifin mengatakan pembentukan satgas internal di McDonald’s dan tempat usaha lainnya untuk memastikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diterapkan.

    “Pengelola tempat usaha diminta membentuk satgas internal,” kata Arifin saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

    Menurut Arifin, pengelola McDonald’s harus memiliki perencanaan protokol kesehatan dan keamanan yang baik saat mengadakan suatu kegiatan. Arifin mencontohkan pengelola restoran harus mengatur jarak antara pembeli dan arus orang yang keluar masuk agar tidak menimbulkan keramaian.

    “Pada kasus ini jarak fisikIni benar-benar terkendali,” katanya.

    Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia Sutji Lantyka menjelaskan bahwa keselamatan dan keamanan konsumen dan pelanggan menjadi prioritas McDonald’s Indonesia. Sutji juga mengatakan bahwa produk BTS Meal tidak hanya tersedia saat ini, sehingga konsumen tidak perlu khawatir kehabisan stok.

    In Picture: Antrian Makanan BTS, Outlet McD Raden Saleh Ditutup (1)

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qufwfj409/dki-tutup-belasan-gerai-mcdonalds-dan-jatuhkan-sanksi-denda