Dosen-Mahasiswa UBSI Lulus Seleksi Program DN PMM

    PMM-DN adalah program pertukaran pelajar dalam negeri antar pulau

    REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri Dalam Negeri (PMM-DN) 2021 merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristekdikti.

    PMM-DN merupakan program pertukaran pelajar antar pulau dalam negeri satu semester yang memberikan pengalaman kebhinekaan nusantara dan sistem transfer kredit antar universitas setara dengan 20 sks.

    Ketua Program Studi Sistem Informasi Kampus BSI Universitas (Bina Sarana Informatika) Bogor, Dewi Ayu Nur Wulandari mengatakan PMM-DN dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa Indonesia yang harus saling belajar, untuk memperkuat persatuan nasional.

    “Dalam program ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar, baik offline maupun online, di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia, baik PTN (Perguruan Tinggi Negeri) maupun PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Kalau pelaksanaannya offline tentunya pelaksanaannya tetap harus memenuhi syarat protokol kesehatan,” kata Dewi, Selasa (24/8).

    Dikatakannya, dalam program ini, BSI University mengambil tiga peran sekaligus, yakni sebagai PT pengirim (Universitas), PT penerima dan PT Mitra. “Dalam perannya sebagai PT Sender, ada 11 mahasiswa BSI University yang lolos seleksi dan akan kuliah di beberapa kampus di luar Jawa,” ujarnya.

    Beberapa kampus untuk mahasiswa BSI University adalah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Mulawarman, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Institut Teknologi Kalimantan, dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

    “Dalam perannya sebagai PT penerima, BSI University menerima mahasiswa dari kampus lain untuk belajar di BSI University. Mahasiswa yang mengikuti program pertukaran mahasiswa ini berasal dari Universitas Negeri Makassar, Universitas Hasanuddin, Universitas Nusa Cendana, Universitas Mulawarman, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas Halu Oleo, dan Universitas Pendidikan Ganesha,” jelasnya.

    “Dalam perannya sebagai PT Mitra, BSI University menawarkan kursus kepada seluruh mahasiswa PMM-DN agar proses belajar mengajar secara online dapat dilakukan melalui aplikasi spadadikti.id,” ujarnya.

    Ia melanjutkan, ada 14 dosen BSI University yang mata kuliahnya ditawarkan dan dipilih oleh peserta PMM-DN pada tahun 2021. “Mudah-mudahan dengan keikutsertaan mahasiswa dan dosen BSI University, dalam program Kampus Merdeka, khususnya program PMM-DN 2021, mereka dapat meningkatkan kemampuan, etika dan pengalaman baru bagi mahasiswa,” ujarnya.

    Ia mengatakan mahasiswa akan belajar berbagai pengalaman dan budaya baru di daerah yang belum pernah mereka kunjungi, sehingga meningkatkan kesiapan mereka untuk bersaing secara global. “Bagi BSI University sendiri, keikutsertaan dalam kegiatan ini dapat menjadi salah satu implementasi dari 8 indikator kinerja utama dan diukur sebagai bentuk capaian perguruan tinggi terhadap penyelenggaraan Kampus Merdeka,” ujarnya.



    https://www.republika.co.id/berita/qydq04423/dosenmahasiswa-ubsi-lolos-seleksi-program-pmm-dn