DPR Apresiasi Terobosan Satu Ekspor Indonesia

    sejalan dengan program pemerintah terkait reformasi birokrasi

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanul Haq mengapresiasi kebijakan Satu Ekspor Indonesia. Ia menilai kebijakan ini sebagai bentuk reformasi birokrasi di sektor maritim.

    Kehadiran Indonesia One Export yang juga menjadi milestone dalam peluncuran Spectra Line ini sejalan dengan program pemerintah terkait reformasi birokrasi untuk efisiensi dan transparansi guna mendukung rencana utama kebijakan kelautan negara, ”ujarnya dalam sambutannya. keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (14/4).

    Spectra Line merupakan singkatan dari Sistem Pelayanan Ekspor Cepat, Akuntabel dan Berbasis Online (Spectra Line) yang diluncurkan oleh Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM KKP).

    Maman berharap Spectra Line menjadi kreasi dan inovasi yang mumpuni di era baru normalitas. Tentunya, ia juga berpesan agar terobosan ini terus diperkuat dengan moralitas baru untuk memajukan Indonesia. “Sekali lagi kita harus mengapresiasi terobosan ini,” ucapnya.

    Sebelum menyambut Bulan Kualitas Karantina 2021, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meresmikan ekspor produk perikanan secara serentak di berbagai bandara dan pelabuhan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

    “Kegiatan ini sebagai bagian dari upaya kami untuk memotivasi semangat memajukan sektor kelautan dan perikanan lebih jauh lagi, terutama dalam situasi pandemi,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat melepas ekspor perikanan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

    Ajang ekspor produk perikanan serentak di berbagai wilayah Indonesia sebagai penanda dimulainya Bulan Mutu Karantina (BMK) 2021.

    Sedangkan total produk yang diekspor dari berbagai pelabuhan dan bandara mencapai 11.637 ton dengan nilai Rp 1.012 triliun. Pelepasan yang dipusatkan di Pelabuhan Tanjung Priok ini dihadiri oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM KHP) di 22 bandara dan 23 pelabuhan laut yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Ekspor produk perikanan dilepas ke 40 negara tujuan di Asia, Eropa dan Amerika. Komoditi terdiri dari 157 jenis perikanan dengan rincian perikanan hidup, segar, beku, dan hasil olahan ikan.

    sumber: antara




    Source