DPR Minta Menkeu Setujui Rp. Anggaran 11 Triliun untuk Anak Yatim

    Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto meminta Menteri Keuangan segera menyetujui anggaran untuk anak yatim senilai Rp 11,6 triliun.

    Sebelumnya, Yandri Susanto sempat mengetok usulan anggaran untuk anak yatim saat sidang di Komisi VIII DPR RI Agustus lalu.

    Namun, hal itu belum disetujui oleh Kementerian Keuangan.

    Menurut Yandri yang juga Wakil Ketua Umum PAN, selama 76 tahun Indonesia merdeka, negara tidak pernah memberikan anggaran khusus untuk anak yatim.

    Padahal anggaran untuk anak yatim merupakan amanat UUD 1945.

    Baca juga: Anggaran Kementerian Dipimpin Menteri dari Partai Politik Melonjak, Ini Detailnya

    “Pada sidang Komisi VIII DPR Agustus lalu, saya melihat adanya persetujuan anggaran sebesar Rp 11,6 triliun untuk 4,05 juta anak yatim piatu tahun anggaran 2022. Sekarang bola ada di Menteri Keuangan,” kata Yandri dalam keterangannya, Senin ( 20/20/2020). 9/2021).

    Baca juga: Jokowi Tandatangani Perpres No 82 Tahun 2021, Pemerintah Daerah Bisa Alokasikan Anggaran Untuk Pondok Pesantren

    “Oleh karena itu, kami meminta Menteri Keuangan untuk segera mengesahkan anggaran untuk anak-anak yatim ini. Bagaimanapun, ini adalah perintah dari UUD 1945 dan selama Indonesia merdeka belum pernah ada. Padahal anak-anak yatim ini harus mendapat perhatian penuh dari pemerintah. ,” dia menambahkan.

    Baca juga: Sri Mulyani Minta Kementerian dan Lembaga Lebih Responsif Penggunaan Anggaran

    Anggota DPRD Serang-Cilegon ini memastikan DPR RI akan mengawasi penuh penggunaan APBD Yatim.

    https://www.youtube.com/watch?v=aOCC_xgpRgU

    “Kewajiban kami adalah memastikan seluruh anggaran untuk anak yatim tepat sasaran dan benar-benar bermanfaat bagi anak yatim di seluruh Indonesia,” tutup Yandri.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/09/21/dpr-minta-menkeu-sahkan-anggaran-rp-11-triliun-untuk-anak-yatim