DPRD Tangerang Minta Pemerintah Kabupaten Jaga Barang Kadaluarsa

Dewan baru-baru ini menerima informasi bahwa makanan yang tidak layak konsumsi sedang beredar.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – DPRD Kabupaten Tangerang meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (Loka POM) memperketat pengawasan peredaran barang kadaluwarsa di pasaran. Langkah ini untuk memberikan jaminan kelayakan barang dikonsumsi masyarakat luas.

Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Tangerang Deden Umardani mengatakan belum lama ini di Kabupaten Tangerang beredar informasi tentang pangan yang diduga sudah tidak layak konsumsi atau sudah kadaluwarsa.

“Kemarin kami mendapat laporan dari masyarakat yang diwakili LBH, peredaran makanan kadaluwarsa yang dijual di pasar dengan tanggal penutupan baru,” kata Deden di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (6/4).

Untuk itu, dia menegaskan kepada pemerintah daerah, khususnya instansi terkait, untuk menindaklanjuti dengan memaksimalkan kinerja pengawasan pangan yang beredar. “Kita berharap Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Badan POM Loka bisa memaksimalkan pengawasan terhadap pangan yang beredar di masyarakat, apalagi sekarang menjelang puasa harus lebih ketat lagi,” kata Deden.

Ia pun berpesan kepada instansi terkait untuk membuat program atau sistem layanan pengaduan terkait produk bermasalah. Sebab selama ini, menurut Deden, sebagian besar masyarakat belum mengetahui proses pengaduan tersebut. “Jadi alangkah baiknya Pemerintah Daerah Tangerang membuat sistem pengaduan yang mudah diakses masyarakat,” kata politikus PDIP itu.




Source