Dua Kapal Perang TNI AL berhasil menembakkan rudal hingga targetnya tenggelam di perairan Natuna

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dua kapal perang milik Angkatan Laut Indonesia (TNI AL), KRI Clurit-641 dan KRI Kujang-642 berhasil menembakkan peluru kendali (misil) tipe C-705 dan mengenai sasaran atau mengenai sasaran sehingga menyebabkan kapal sasaran tenggelam.

Penembakan rudal dilakukan dari jarak sekitar 70 km dengan sasaran kapal eks KRI Balikpapan.

Penembakan rudal di perairan Natuna merupakan rangkaian latihan yang digelar TNI AL Pra Armada Jaya, Kamis (8/4/2021) kemarin.

Sebagai informasi, dua kapal milik TNI AL tersebut adalah Kapal Cepat Rudal Tipe 40 (KCR) yang tergabung dalam Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I.

“Kapal ini merupakan kapal cepat reaksi yang dalam menjalankan tugasnya mengutamakan unsur kejutan, menjalankan misi menyerang dengan cepat, menghancurkan sasaran sekaligus dan menghindari serangan musuh dalam waktu yang singkat pula,” tulis Dinas Informasi Angkatan Laut dalam Demikian pernyataannya, dikutip Jumat (9 4/2021).

Kapal perang milik TNI AL yang sedang melakukan pelatihan penembakan rudal C-705 di perairan Natuna, Kamis (8/4/2021). (Layanan Informasi Angkatan Laut)

Sedangkan rudal C-705 merupakan salah satu dari sekian banyak senjata strategis yang dipasang TNI AL di berbagai kapal jenis KCR.

TNI AL di Latihan Pra Armada Jaya mengerahkan sejumlah Alutsista seperti kapal perang, pesawat terbang dan kendaraan tempur laut.

Wilayah pelatihan dilaksanakan di Jakarta, Laut Jawa, Laut Natuna Utara dan Dabo Singkep, Kepulauan Riau.

Sementara, agenda pelatihan akan berlangsung pada 5-15 April 2021 yang merupakan bagian dari persiapan awal sebelum melaksanakan pelatihan puncak TNI AL Armada Jaya.




Source