Dua Kunci Lupus Sehat

Kekhawatiran tentang kesehatan dan efek lupus bisa membuat stres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menyikapi penyakit kronis seperti lupus bisa menjadi tantangan tersendiri. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), kekhawatiran tentang kesehatan dan efek lupus bisa membuat stres.

Meskipun lupus tidak ada obatnya, para profesional medis dan ahli reumatologi mengatakan diet dan olahraga yang sehat adalah faktor kunci dalam kesehatan fisik secara keseluruhan. Melaporkan dari RLSMedia, pola makan secara tidak langsung dapat mengubah cara tubuh menangani peradangan dan mempercepat penyembuhannya sendiri.

Penggunaan steroid dan obat lain yang biasa dikonsumsi oleh penderita lupus dapat mulai mengurangi dosisnya jika tubuh dapat membantu mempercepat proses penyembuhan peradangan dengan mengubah pola makan.

Pejabat CDC menyatakan bahwa penderita lupus harus mengubah pola makan dan gaya hidup mereka, berdasarkan gejala yang mereka alami dan rencana pengobatan yang direkomendasikan. Misalnya, jika seorang penderita lupus mengalami hiperlipidemia (kadar lemak yang tinggi dalam darah) akibat lupus, maka ia perlu mengikuti pola makan rendah lemak. Jika steroid dan obat lain menyebabkan berat badan terus bertambah, maka penderita lupus mungkin lebih baik mengikuti diet rendah kalori.

Karena penderita lupus harus menghindari sinar matahari, mereka biasanya mengalami kekurangan atau kekurangan vitamin D. Dokter mungkin akan menyarankan untuk mengonsumsi tambahan vitamin D.

Diet anti inflamasi

Petugas medis mengatakan ada banyak jenis bahan makanan alami yang mengandung sifat anti inflamasi seperti biji rami, alpukat, kenari, beri, sayuran berdaun hijau, wortel, labu kuning dan protein tanpa lemak. Lebih baik penderita lupus memilih bahan makanan yang segar daripada makanan olahan.

Namun, tidak semua makanan dengan khasiat antiradang baik untuk penderita lupus. Dokter dan ahli diet sering memperingatkan bahwa beberapa makanan anti-inflamasi, seperti bawang putih, sebenarnya dapat memperburuk gejala lupus. Namun, penderita lupus harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan pilihan makanan terbaik.

Pejabat CDC dan sejumlah ahli mengatakan salah satu efek samping lupus adalah gangguan sistem pencernaan. Karena itu, jika pencernaan terserang lupus, usahakan memilih makanan yang mudah dicerna. Misalnya makanan yang sulit dicerna seperti kacang-kacangan bisa direndam dulu sebelum diolah agar lebih lembut. Sup dan smoothie buah juga mudah dicerna dan sangat bergizi.

sumber: antara




Source