E-Sports Akan Menjadi Fokus RUU Sistem Keolahragaan Nasional

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pertumbuhan e-sports di tanah air dalam beberapa tahun terakhir sangat pesat.

    RUU Sistem Keolahragaan Nasional (RUU SKN) akan memastikan pertumbuhan e-sports menjadi lebih tepat sasaran sehingga dapat meminimalisir dampak negatif di kalangan generasi muda Indonesia.

    “Indonesia adalah salah satu pasar game online terbesar di dunia. Fenomena ini harus disalurkan melalui pembinaan, persaingan, dan dukungan industri sehingga dapat meminimalisir dampak negatif dan meningkatkan potensi manfaat yang dapat dicapai,” kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Selasa (5/10/2021).

    Huda menjelaskan, saat ini belum ada regulasi di tingkat hukum yang mengakomodir fenomena e-Sport.

    Bahkan, berbagai turnamen dan kompetisi e-sports diadakan oleh berbagai asosiasi game online di Indonesia.

    “Bahkan saat ini sudah bermunculan beberapa klub e-Sport yang melakukan kegiatan kompetisi, pembinaan, dan transfer pemain. Kami mendapat informasi bahwa transfer pemain e-Sport tidak kalah atau bahkan lebih besar dari transfer pemain sepak bola di tanah air. ,” dia berkata.

    Baca juga: PUBG Mobile Dinominasikan untuk Game Esports dan Game Seluler Esports Tahun Ini

    Dalam beberapa event multi event, lanjut Huda, e-Sport juga telah ditetapkan sebagai cabang olahraga resmi yang dipertandingkan.

    Sea Games 2019 di Filipina, misalnya, mempertandingkan e-Sports.

    “Pada Sea Games 2021 di Vietnam dan Asian Games 2022 di China, e-Sports juga akan menjadi olahraga yang memperebutkan medali,” katanya.

    Huda menegaskan, fenomena kompetisi e-Sport dalam multi event olahraga dan kompetisi profesional harus ditanggapi dengan serius.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/10/05/e-sport-bakal-jadi-fokus-ruu-sistem-keolahragaan-nasional